Bumbu Rempah Ini Mirip, Padahal Beda

Titipku – Seperti yang kita ketahui ada berbagai macam rempah. Satu dengan lainnya mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing Indonesia sendiri adalah negara tropis yang memiliki banyak tumbuhan rempah. Dengan melimpahnya rempah yang ada, butuh waktu untuk mengenali dan hafal dengan rempah tersebut.

Untuk kalian yang sering berhubungan dengan rempah-rempah atau bumbu dapur mungkin sedikit banyak mengetahui jenis dan fungsi rempah tersebut. Tapi tahukah kalian bahwa ada bumbu rempah atau bumbu dapur yang mempunyai bentuk yang sama padahal rasa dan kegunaannya berbeda. Penasaran? Jangan khawatir kali ini kita akan bahas rempah atau bumbu dapur yang memiliki kesamaan bentuk padahal berbeda.

Merica dan Ketumbar

perbedaan merica dan ketumbar, lada dan ketumbar, bedanya lada dan ketumbar
Ilustrasi merica via Sumber: aladokter.com

Bumbu dapur atau rempah pertama adalah merica dan ketumbar. Dua jenis rempah ini sangat sering tertukar padahal rasa dan fungsinya berbeda. Bentuk yang serupa membuat masyarakat sulit untuk membedakan. Terdapat sedikit perbedaan pada bentuk merica dan ketumbar. Jika merica memiliki bentuk bulat kecil dan memiliki garis di sekililingnya, sedangkan ketumbar memiliki bentuk bulan yang agar lebih besar dari merica dan permukaannya lebih halus.

Rasa merica lebih ke arah pedas dan hangat sedangkan untuk ketumbar mempunyai rasa pahit dan hambar. Jadi jangan salah lagi untuk membedakannya.

Laos dan Jahe

Ilustrasi laos atau lengkuas

Selanjutnya adalah lengkuas dan jahe yang sulit untuk dibedakan. Memiliki penampakan yang hampir sama membuat 2 tanaman ini sulit dibedakan. Keduanya merupakan tanaman yang merambat dibawah tanah.

Rasa dan aroma dari kedua rempah ini adalah yang bisa membuat kita membedakan keduanya. Jahe memiliki aroma yang sangat kuat tetapi memiliki tekstur kulit yang lebih halus. Berbeda dengan jahe, laos mempunyai aroma yang tidak terlalu kuat dan kulit yang cenderung lebih kasar dari jahe. Jangan sampai kalian membuat wedang jahe dengan menggunakan laos.

Temulawak dan Kunyit

Ilustrasi Kunyit

Jika kalian melihat tumpukan temulawak dan kunyit pada satu tempat yang sama mungkin kalian susah untuk membedakan. Keduanya memiliki bentuk yang hampir identik jadi kalian harus benar-benar teliti untuk bisa membedakan keduanya. Jika kalian ingin membedakan coba patahkanlah kunyit atau temulawak yang kalian temui. Warna yang lebih kuning menandakan itu adalah kunyit dan warna yang lebih cerah menandakan itu temulawak.

Untuk kegunaannya, kunyit biasanya digunakan untuk masakan seperti sambal-sambal tradisional. Sedangkan temulawak lebih terkenal untuk jamu tradisional. Jadi memang kegunaannya beda ya gaes!

Jintan dan Adas Manis

Ilustrasi Jintan via Fimela,com

Bumbu rempah yang ini juga berbentuk kecil dan pendek. Memiliki bentuk yang sama tapi adas manis lebih gelap daripada jintan. Dilansir dari birilicious.brillio.net adas manis dan jintan sama-sama memiliki aroma wangi. Tetapi kegunaan keduanya berbeda tentunya.

Jintan akan lebih sering ditemukan dalam hidangan opor dan gulai, sedangkan adas manis sering digunakan untuk campuran salad. Sudah kan ya bedanya?

Kunir dan Kencur

Kencur via hellosehat.com

Terakhir adalah pasangan kunir dan kencur yang memiliki kemiripan dari bentuk. Kalian akan sulit jika hanya melihat dari luar kedua rempah ini. Kalian harus melakukan beberapa hal yang jika kalian ingin membedakan antara keduanya. Pertama kalian harus lihat isi dalam dalam dari keduanya jika berwarna kuning muda. Nah itu berarti kunyit. Tapi jika berwarna putih kekuningan itu berarti kencur. Warna kencur lebih didominasi warna putih. Selain itu kalian juga bisa membedakan dari aromanya.

Nah kalau kalian belum dapat membedakannya maka lakukan cara berikutnya yaitu kunyit lebih lunak daripada kencur, jadi kalian dapat dengan mudah mematahkannya. Terakhir adalah tanya pada pedagang di pasar untuk memebdakan keduanya hehehe.

Ada banyak UMKM atau pedagang bumbu rempah di sekitar kalian? Jelajah yuk, biar usahanya tambah maju dan produknya dapat dibeli secara online!

AYO MENJELAJAH!

Dapatkan Rp5000,- berkali-kali cuma posting Jelajah UMKM di Titipku!

Caranya gampang banget!
1. Pilih UMKM yang mau kamu posting
2. Klik “Tambah Jelajah” di aplikasi Titipku
3. Review & foto UMKM
4. Rp5.000,- jadi milikmu!
Periode reward 1-31 Juli 2019

Semakin BANYAK UMKM yang kamu bantu untuk digitalisasi, semakin berkali-kali lipat juga penghasilanmu! Yakin nggak mau? #AyoMenjelajah

Download Aplikasi Titipku!! Klik Link Di Bawah Ini

play.google.com/store/apps/details?id=com.titipku.alpha

Artikel kiriman dari Abruron Baharsyah

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Bumbu Rempah Ini Mirip, Padahal Beda”

Tinggalkan Balasan