Cara Alami Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selama pandemi, menjaga kesehatan tubuh tetap menjadi prioritas utama. Dengan memperkuat kekebalan tubuh, kita bisa mengurangi risiko terkena penyakit menular. Mengubah gaya hidup dan pola makan merupakan salah satu cara terbaik untuk melawan penyakit. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Tidur yang Cukup

Kualitas tidur dan imunitas sangat berkaitan. Tidak dapat tidur dengan nyenak sering dikaitkan dengan masalah kesehatan atau kerentanan tubuh terhadap penyakit. Tidur yang cukup dan berkualitas membuat tubuh kita lebih baik dalam melawan penyakit. Bahkan saat sakit, memperbanyak jam tidur membuat kita lebih cepat sembuh. 

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu bisa memulai dengan mengurangi menonton TV, handphone, atau laptop, satu jam sebelum tidur. Di samping itu, kamu juga dapat membiasakan diri untuk tidur di ruangan gelap. 

Mengonsumsi Makanan Nabati

Makanan nabati seperti aneka buah, sayur, kacang, dan biji mengandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh untuk melawan patogen berbahaya. Antioksidan dapat mengurangi inflamasi dengan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sementara itu, kandungan serat yang tinggi dalam makanan nabati membantu memberi makan bakteri baik dalam usus. Sebagai gantinya, bakteri baik usus membantu kita melawan penyakit yang masuk melalui sistem pencernaan.

Perbanyak Konsumsi Lemak Sehat

Lemak sehat, seperti yang ditemui pada minyak zaitun dan ikan salmon, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengurangi inflamasi. Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. Selain itu, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon juga dapat melakukan hal serupa. 

Batasi Konsumsi Gula Tambahan

Gula tambahan dan karbohidrat olahan dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas. Obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. penyakit-penyakit ini dapat melemahkan kekebalan tubuh. Untuk itu, mengurangi konsumsi gula tambahan merupakan hal penting yang harus dilakukan jika ingin meningkatkan kekebalan tubuh.  Kamu harus berusaha untuk mengurangi konsumsi gula sampai kurang dari 5% dari total konsumsi kalori harian. Kurang lebih sekitar 2 sendok makan gula jika kamu mengonsumsi 2000 kalori per hari. 

Lakukan Olahraga Sedang

Berolahraga tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan membuat tidur lebih berkualitas. Tidak perlu khawatir jika kamu memiliki jadwal kegiatan yang padat. Setidaknya, kamu perlu berolahraga selama 150 menit setiap minggunya. Artinya, sekitar 20 menit setiap harinya. Kamu bisa melakukan jalan cepat, jogging, berenang, atau bersepeda. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat dan membebani tubuh.

Jaga Tubuh Agar Terhidrasi

Menjaga tubuh agar terhidrasi bukan berarti membuatmu kebal dari virus penyakit. Akan tetapi, mencegah dehidrasi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dehidrasi membuat fungsi kerja hati dan ginjal menurun. Minum air putih sangat direkomendasikan karena bebas kalori, zat tambahan, dan bebas gula. Meskipun teh dan jus juga dapat membuat tubuh terhidrasi, sebaiknya kamu membatasi jus dan teh karena kandungan gula yang tinggi. 

 

Itu tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh selama pandemi. Agar lebih mudah belanja makanan sehat, pakai Titipku aja. Sayur dan buahnya dalam kondisi segar dan tidak layu. Yuk segera download dan cobain belanja lewat Titipku

Tinggalkan Balasan