Cara Aman Pasang Tabung Gas LPG di Rumah

Titipku – Banyak orang yang kerap bingung untuk memasang tabung gas LPG di rumah. Untuk itu, mereka kemudian meminta bantuan orang lain untuk memasangkannya. 

Dalam cara memasang gas elpiji, tidak hanya caranya saja yang harus dilakukan dengan benar. Namun, beberapa komponen yang digunakan pun harus baik dan memenuhi standar. 

Untuk itu, kamu juga sebaiknya memilih komponen dan gas LPG yang memiliki logo Standar Nasional Indonesia atau SNI.  Jika sudah sesuai standar, kamu bisa memasangnya langsung di rumah hanya dalam waktu sekitar tiga menit.

Berikut cara yang aman dalam memasang tabung gas LPG di rumah.

 

  1. Atur Sirkulasi Udara di Dapur

Mengingat tabung gas LPG memiliki risiko untuk meledak, penting bagi kamu untuk memastikan dahulu sirkulasi udara di area dapur lancar. Kamu bisa membuka jendela atau pintu terlebih dahulu, sehingga udara bebas masuk. Hal ini juga akan membantu mengalirkan gas (jika bocor) ke luar dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ledakan dan kebakaran.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Mengonsumsi Buah Lontar

  1. Cek Kondisi Tabung

Sebelum melakukan pemasangan regulator gas, lakukan pengecekan kondisi tabung gas yang baru terlebih dahulu secara detail. Pastikan tabung tersebut dalam kondisi layak dan tidak ada yang bocor meski kecil. Tidak hanya pada mulut tabung saja, kamu juga perlu mengecek bagian permukaan tabung secara keseluruhan. 

Baca Juga: Konsumsi Minuman ini Usai Vaksin COVID-19

  1. Cek Kondisi ‘Rubber Seal’

Rubber seal merupakan karet yang terdapat pada mulut tabung dan berfungsi sebagai penahan tekanan jarum regulator. Benda ini memegang peranan yang penting, sehingga kamu perlu memberikan perhatian lebih. Jika rubber seal sudah terlalu lama dan longgar, maka biasanya akan menimbulkan kebocoran gas, karena regulator tidak menancap dengan sempurna ke mulut tabung gas.

Baca Juga: Stop! Jangan Sembarang Buang & Olah Sampah Elektronik

  1. Pasang Regulator dengan Posisi yang Tepat

Setelah beberapa langkah di atas telah dilakukan, maka kamu sudah bisa memasang regulator kompor ke tabung gas tersebut. Pastikan kamu melakukan pemasangan dengan cara yang tepat, yakni posisi regulator harus tegak lurus dengan mulut tabung gas.

Baca Juga: Adu Manfaat! Susu Kedelai VS Susu Almond

  1. Cek Kebocoran Gas

Tidak selalu dalam kondisi besar, kebocoran gas bisa saja terjadi dalam skala kecil dan sulit dideteksi, bahkan bisa saja tidak mencium bau gas yang menyengat. Saat melakukan pemasangan regulator, pastikan kamu melakukan pengecekan gas ini dengan cermat.

 

Itu dia cara memasang tabung gas LPG dengan aman di rumah. Jika kamu ingin berbelanja kebutuhan dapur seperti gas LPG, kamu bisa memesannya #DariRumah melalui aplikasi Titipku. Ada sejumlah pedagang di Titipku yang menjual tabung LPG. Kamu tinggal pesan, nanti tabungnya akan diantarkan ke depan rumahmu. Jadi, nggak perlu repot menggotong sendiri tabungnya. Ada promo menarik yang bisa kamu pakai juga loh.

Segera download Titipku di Playstore!

Tinggalkan Balasan