Cara Ampuh Redam Efek Kopi yang Tidak Nyaman

kopi, coffee, efek kopi, coffee effect, menghilangkan efek kopi
kopi, coffee, efek kopi, coffee effect
Instagram via @hayaticoffee

Kopi bagi sebagian orang memang wajib dikonsumsi di pagi hari. Kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan stamina dan energi, sehingga kita tidak mudah mengantuk dan bisa lebih optimal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, kopi juga memiliki beberapa efek samping. Efek kopi ini biasanya dirasakan pasca minum kopi. Beberapa efek samping yang dirasakan antara lain: deg-degan, asam lambung naik, dan sulit tidur.

Untuk bisa meredam efek pasca minum kopi, ikuti tips-tips berdasar artikel dari Idntimes.com berikut ini:

 

  • Berhenti Minum Kalau Merasakan Efeknya

Saat Anda merasakan gejala tidak nyaman akibat minum kopi, segera hentikan konsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya. Selain kopi, makanan dan minuman lain yang juga mengandung kafein termasuk teh, minuman berenergi, soda, dan cokelat hitam.

Efek stimulasi kafein umumnya terasa 45 menit setelah asupan pertama dan dapat terasa selama 3 hingga 5 jam. Semakin cepat Anda berhenti mengonsumsi kafein, semakin cepat pula efek samping ini hilang dengan sendirinya.

  • Tingkatkan Hidrasi

Konsumsi terlalu banyak kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Ini karena kopi bersifat sebagai diuretik alami sekaligus merupakan stimulan kandung kemih. Artinya, Anda akan kehilangan lebih banyak cairan setelah minum kopi, kecuali Anda minum cukup air untuk rehidrasi. Salah satu cara mengetahui apakah kopi membuat Anda mengalami dehidrasi adalah dengan mengamati warna urine. Semakin gelap warnanya, maka semakin parah dehidrasi yang Anda alami.

Selain itu, terlalu banyak kopi juga bisa menyebabkan bibir kering. Jadi, untuk mengelola efek samping ini, Anda perlu meningkatkan hidrasi dengan minum lebih banyak air putih, makan makanan yang menghidrasi, atau meningkatkan asupan makanan dan minuman yang mengandung elektrolit.

  • Olahraga

Setelah meminum terlalu banyak kopi, Anda mungkin jadi sangat bertenaga dan tidak bisa duduk diam. Nah, berolahraga akan membantu memetabolisme kafein dan menyalurkan energi berlebihan akibat konsumsi kafein berlebih. Cobalah melakukan peregangan, jalan cepat, atau lari cepat. Semua ini akan memperbaiki pikiran, tubuh, dan jiwa. Selain itu, olahraga juga akan membantu mengatasi migrain, salah satu efek samping kafein yang umum.

  • Makan Cukup

Minum kopi namun tidak makan cukup dapat memperlambat tubuh menghilangkan efek kafein. Tubuh membutuhkan nutrisi untuk berfungsi dengan baik, jadi pastikan Anda cukup makan sebelum atau setelah minum kopi. Pisang, jeruk, dan apel mudah dibawa saat bepergian untuk menemani Anda minum kopi. Anda juga dapat mengonsumsi salad atau mentimun. Makanan ini tinggi kandungan air sehingga membuat rehidrasi tubuh juga.

  • Minum Suplemen dan Adaptogen

Suplemen dan adaptogen, seperti L-theanine, ashwagandha, atau rhodiola dapat membantu meredakan kecemasan dan kegelisahan yang disebabkan terlalu banyak asupan kafein. Karenanya, ada baiknya Anda menyediakan suplemen ini di rumah.

Untuk menghindari minum terlalu banyak kopi, Anda bisa menambahkan ashwagandha dan akar maca ke dalam cangkir pertama kopi yang Anda minum. Ashwagandha bisa mengurangi rasa lelah dan akar maca baik untuk energi. Jadi, harapannya ini membuat Anda tidak membutuhkan banyak kopi untuk meningkatkan energi.

  • Meditasi

Bagi beberapa orang, efek stimulasi kopi menyebabkan perasaan cemas atau gelisah. Oleh sebab itu, sulit untuk menenangkan pikiran ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak kopi. Nah, meluangkan waktu untuk melatih pernapasan atau meditasi dapat membantu mengurangi perasaan itu dan membuat Anda jadi lebih tenang.

  • Minum Teh Herbal

Saat Anda minum terlalu banyak kopi, teh herbal tanpa kafein, seperti kamomil, rooibos, dan kembang sepatu akan membuat Anda terhidrasi dan merasa lebih tenang. Namun, pastikan Anda tidak memilih teh berkafein.

Meminum teh herbal akan membantu menetralkan efek kafein pada tubuh. Teh herbal tanpa kafein juga memberikan beberapa manfaat kesehatan yang sangat baik, seperti meningkatkan pencernaan, melindungi sel, dan meredakan pilek. Belum lagi aspek terapeutik sebagai manfaat tambahan juga.

*****

Itulah beberapa tips untuk meredam efek pasca minum kopi. Jika Anda butuh buah dan sayur yang kaya mineral, Anda bisa membelinya di Titipku. Tak hanya itu, mau beli kopi lewat Titipku juga bisa kok! Tinggal pesan pakai aplikasi, bayar, lalu sudah, Anda tinggal tunggu Jatiper mengantarkan pesanan. Tertarik? Download aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan