Cara Berhemat di Bulan Ramadan Adalah #DiRumahAja

berhemat di bulan ramadan, berhemat di bulan ramadhan, menabung di bulan ramadan, menabung di bulan ramadhan, menabung, menyisihkan, uang, rezeki, pengeluaran, kebutuhan, biaya lebaran, pengeluaran lebaran, lebaran

berhemat di bulan ramadan, berhemat di bulan ramadhan, menabung di bulan ramadan, menabung di bulan ramadhan

Titipku РBulan suci Ramadan adalah kesempatan bagi para umat Muslim belajar menahan segala hasrat untuk menjadikannya pribadi yang lebih baik. Sayangnya, banyak orang justru tidak berhemat di Bulan Ramadan. Mereka memanfaatkan bulan ini untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif sehingga menghamburkan uang, seperti: buka bersama atau sahur on the road. 

Padahal, jika bisa ditarik maknanya, pandemi yang berjalan 2 tahun ini memberi kesempatan kita untuk menghemat dengan menjalankan ibadah puasa dari rumah saja. Nah, mumpung kita masih bisa merayakan puasa dari rumah, sekalian menabung dan berhemat yuk!

Berikut tips menabung dan berhemat di bulan Ramadan yang bisa kamu coba lakukan:

 

  1. Memasak Sendiri Menu Sahur dan Buka Puasa

Tips berhemat di Bulan Ramadan yang pertama adalah memasak sendiri menu sahur dan buka puasa. Jadwal makan saat bulan Ramadan memang berkurang, tapi saat sahur dan buka puasa tentu tetap harus ada makanan di rumah. Nah, agar lebih hemat ada baiknya kamu memasak sendiri menu buka puasa dan sahur.

Memang terasa agak melelahkan, tetapi memasak sendiri akan dapat membantumu berhemat lebih banyak dibandingkan selalu membeli makanan matang di restoran.

 

  1. Hindari Jajan Takjil Berlebihan

Saat puasa, biasanya kamu akan tergoda untuk membeli jajanan takjil. Bagaimana tidak, tiap Ramadan tiba banyak pedagang takjil dadakan yang ada di tiap ruas jalan. Pilihannya pun lengkap, mulai dari menjual es blewah hingga aneka camilan. Jika kamu tidak bisa mengendalikan hasratmu untuk jajan takjil, ini bisa menjadi salah satu sumber pemborosan.

Beli saja takjil secukupnya, untuk diri sendiri atau untuk keluarga. Jangan terlalu banyak. Lagipula memang saat berbuka puasa tidak dianjurkan makan banyak sebab sistem pencernaan kita belum siap menerima makanan dalam jumlah banyak usai berpuasa 12 jam lebih.

 

  1. Atur Pola Makan Secukupnya

Demi menjaga kesehatan tubuh dan juga berhemat, sebaiknya siapkan menu untuk sahur dan berbuka secukupnya saja ya. Atur porsi yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga dan tak perlu berlebihan. Dengan mengatur jumlah menu yang disiapkan, ini akan menghemat pengeluaran.

 

  1. Belanja Sembako Secara Mingguan

Supaya lebih mudah mengatur menu sahur dan berbuka, buat jadwal menu makan secara mingguan. Nantinya, kamu bisa belanja kebutuhan masak dan sembako per minggu juga. Cara ini dapat membantumu berhemat lebih banyak dibandingkan jika harus belanja setiap hari.

Soal belanja mingguan, belanja saja di Titipku. Kamu bisa belanja di banyak pedagang di satu area pasar dan cukup bayar ongkir sekali. Ongkir ini bakal terhitung lebih hemat jika dibandingkan kamu belanja di pasar sendiri. Hitung saja pengeluaran bensin, parkir, dan biaya tak terduga seperti tambal ban yang bakal kamu keluarkan ketika belanja sendiri.

 Udah, belanja #DariRumah pakai Titipku aja. Biar nanti Jatiper yang membelanjakan kebutuhanmu. Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan