Cara Buat Chicken Nugget Homemade Bebas Pengawet

10 resep masakan sehari hari, 99 resep masakan rumahan, resep masakan enak, resep masakan enak dan simple, resep masakan mudah dan cepat, resep masakan mudah dan hemat, resep masakan sehari hari, resep masakan sehari hari mudah dan praktis, resep masakan sehari-hari yang murah meriah, resep masakan simple dan murah, resep menu masakan sehari hari, chicken nugget, cara membuat chicken nugget, resep chicken nugget

10 resep masakan sehari hari, 99 resep masakan rumahan, resep masakan enak, resep masakan enak dan simple, resep masakan mudah dan cepat, resep masakan mudah dan hemat, resep masakan sehari hari, resep masakan sehari hari mudah dan praktis, resep masakan sehari-hari yang murah meriah, resep masakan simple dan murah, resep menu masakan sehari hari, chicken nugget, cara membuat chicken nugget, resep chicken nugget

Siapa tak suka dengan chicken nugget? Makanan ini menjadi salah satu favorit anak-anak dan paling cocok dijadikan lauk bekal bagi mereka. Bagi para Moms, chicken nugget digemari karena kepraktisannya. Moms tinggal ambil chicken nugget mentah dari bungkusnya, panaskan minyak, lalu goreng nugget hingga matang. Dengan chicken nugget ini juga, Moms bisa berkreasi dengan aneka resep masakan rumahan, resep masakan enak, resep masakan mudah dan cepat, resep masakan murah dan hemat, hingga resep masakan sehari-hari.

ASAL MUASAL CHICKEN NUGGET

Kita perlu berterima kasih pada Profesor Robert Carl Baker. Pasalnya, orang ini adalah pencipta chicken nugget pertama. Ia bersama seorang mahasiswa bernama Joseph Marshal bereksperimen membuat olahan ayam yang dibalut adonan dan dimasak dengan cara digoreng.

Publikasi resep chicken nugget Robert pertama kali dipublikasikan pada 1963, namun ia tidak mematenkan penemuannya tersebut.

Menu chicken nugget menjadi semakin mendunia setelah McDonald’s mengenalkan produk tersebut pada 1983 sebagai alternatif menu dari daging sapi. McDonald’s menyebut resep nugget ayamnya ini sebagai Chicken McNuggets.

Saat ini, menu tersebut masih menjadi salah satu menu andalan yang tersebar di seluruh dunia. Menu satu ini juga terkenal akan saus pendampingnya yang beraneka macam. Dan tak perlu berbohong, pasti ada banyak di antara kita yang sangat menggemari menu satu ini.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Frozen Food

POLEMIK KANDUNGAN GIZI CHICKEN NUGGET

Tak bisa dipungkiri bahwa chicken nugget termasuk dalam kategori junk food. Artinya, kandungan gizi dalam makanan satu ini cenderung minim. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dalam nugget ayam hanya mengandung 50% daging ayam. Artinya, ada banyak zat aditif lain yang ditambahkan dalam produk tersebut. Terlebih jika Anda membeli produk nugget beku, kemungkinan ada zat pengawet di dalamnya.

Meski demikian, nugget ayam bukannya tanpa gizi sama sekali. Produk ini mengandung niacin dan vitamin B3 yang bisa mengurangi risiko kanker dan alzheimer.

Baca Juga: Resep Nugget Pisang Kekinian, Begini Cara Membuatnya

RESEP CHICKEN NUGGET BEBAS PENGAWET

Bahan:
  • 1/2 kg dada ayam
  • 1 butir telur
  • 6 siung bawang putih
  • Lada sesuai selera
  • Gula sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya untuk membalut ayam
  • Tepung panir secukupnya untuk membalut nugget ayam
Cara Membuat:
  • Cuci bersih dada ayam lalu potong-potong.
  • Siapkan food processor, kemudian haluskan ayam bersama bawang putih dan telur.
  • Jika sudah halus, campurkan lada, gula dan penyedap rasa. Aduk hingga rata.
  • Siapkan wadah yang sudah diolesi minyak goreng, tuang adonan dan kukus adonan kurang lebih selama 30 menit.
  • Setelah matang, tunggu hingga dingin dan keluarkan dari wadah lalu potong adonan sesuai selera.
  • Jika tak ingin langsung menyantapnya, cukup simpan adonan yang sudah dikukus ke dalam freezer.
  • Jika ingin langsung menggoreng, baluri adonan dengan tepung terigu yg sudah diencerkan, lalu gulingkan pada tepung panir. Goreng hingga berwarna kuning keemasan.
  • Nugget ayam siap disajikan dengan pendamping saus atau mayonaise.

*****

Penasaran dengan resep di atas? Langsung coba aja buat sendiri di rumah! Bahannya mudah ditemukan di pasar kok.

Jika Anda malas belanja langsung ke pasar, bisa banget titip belanja bahannya ke Titipku. Jatiper Titipku siap membelanjakan pesanan Anda dan siap mengantarkannya ke rumah Anda.

Download Titipku sekarang di Google Playstore atau Apple Appstore!

Tinggalkan Balasan