Cara Cepat Menghilangkan Pedas di Mulut

cara menghilangkan pedas di mulut

Titipku.com – Ada yang bilang makan tanpa cabai itu kurang greget! Sambal, lada, paprika merupakan jenis bumbu yang menimbulkan rasa pedas di mulut. Namun ada kalanya makanan yang di makan mempunyai tingkat kepedasan yang tidak bisa ditolerir. Alhasil sudah kepedasan, mulut terasa perih dan panas. Jika sudah kepedasan, segera atasi dengan cara cepat menghilangkan pedas di mulut berikut ini.

Es Krim

cara menghilangkan pedas di mulut
Instagram via @revistatumexico

Makan makanan pedas ada tidak asyiknya kalau sampai melebihi yang bisa kita tahan. Jika sudah demikian, bukan nikmat lagi namanya, tapi neraka! (kayak sudah pernah ke neraka aja :D) Biasanya sih abis kepedasan langsung buru-buru ambil air minum dingin. Namun ada cara lain yakni dengan makan es krim.

Es krim merupakan salahs atu cara terbaik untuk mendinginkan mulut dari rasa pedas akan cabai. Bukan cara yang buruk meredakan rasa pedas dengan menggunakan es krim. Cukup dengan satu sendok es krim saja bisa menghilangkan rasa pedas yang ada di lidah. Anggap saja es kirm adalah makanan penutup yang tepat usai menikmati makanan pedas.

Madu

cara menghilangkan pedas di mulut
Instagram via @kiwibaconofficial

Rasa manis alami yang ada pada madu ini menjadi minuman pilihan banyak orang karena khasiatnya. Meski mempunyai rasa yang manis, madu juga aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes. Nah apabila lidah kalian sakit karena makan makanan pedas, segerakan minum madu.

Madu juga bisa meredakan rasa panas dan perih di lidah yang disebabkan oleh cabai. Berasal dari bahan alami, mempunyai rasa manis, madu menjadi penawar yang bagus untuk meredakan panas di lidah. Namun karakteristik madu yang kental mungkin tidak bisa menghilangkan efek pedas seluruhnya. Akan lebih baik daripada benar-benar kepedasan bukan?

Air Kelapa

cara menghilangkan pedas di mulut
Instagram via @sevcanety

Cuaca yang panas, hati yang panas, rasanya segera reda jika diguyur dengan air kelapa. Sama-sama berasal dari bahan alami jadi tidak ada alasan untuk tidak menikmati segelas air kelapa. Bukan hanya bermanfaat sebagai penghilang rasa haus, air kelapa juga bisa sedikit meredakan rasa pedas yang menyerang mulut.

Bisa dikatakan bahwa air kelapa ini merupakan susu dalam versi yang lebih ringan dengan rasa manis yang sama. Tidak hanya mengembalikan elektrolit tubuh, namun juga bisa digunakan untuk meredakan rasa panas yang disebabkan oleh cabai.

Gula

cara menghilangkan pedas di mulut

Mulut sakit karena rasa pedas yang sudah tak tertahankan, jangan langsung mencari air putih untuk meredakannya. Air putih hanya bisa meredakan rasa pedas di mulut hanya untuk sementara. Setelah itu, rasa pedas akan kembali lagi. Daripada menggunakan air putih, maka lebih baik pilih gula.

Jika menggunakan gula, lidah kalian akan berterima kasih karena rasa pedas akan jauh berkurang lebih abnyak daripada meminum air putih. Faktanya adalah gula bisa membantu menetralisis sensasi terbakar dari makanan pedas. Caranya cukup dengan secukupnya gula yang kalian butuhkan langsung dikunyah ke lidah kamu (1 sendok aja sih maksimal) 🙂

Sumber: tahupedia.com

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan