Saran Dokter: Cara dan Manfaat Tummy Time Bagi Bayi

tummy time, bayi tengkurap, bermain sambil tengkurap, tummytime, cara tummy time, pentingnya tummy time, manfaat tummy time

tummy time, bayi tengkurap, bermain sambil tengkurap, tummytime, cara tummy time, pentingnya tummy time, manfaat tummy time

Seperti yang sudah dijabarkan pada artikel sebelumnya, bahwa tummy time itu penting untuk bayi. Kegiatan ini dapat membantu mempercepat kemampuan motorik maupun kemampuan verbal anak.

Baca Juga: Fakta Atau Mitos?: Anak Cepat Berjalan Lambat Berbicara

Manfaat Tummy Time

Ketika melakukan tummy time, bayi akan mengangkat kepalanya ke atas. Hal ini bermanfaat untuk mengembangkan otot bagian leher, dada, bahu, dan lengan. Kegiatan ini juga dapat melatih keseimbangan tubuh bayi agar bisa segera berguling, merangkak, duduk, dan berjalan.

Selain itu, sejumlah manfaat tummy time lainnya adalah:

  • Mengembangkan keterampilan bayi dalam mengontrol kepala
  • Mencegah kondisi kepala bayi peyang atau plagiocephaly
  • Meningkatkan hubungan antara ibu dan bayi
  • Mencegah perut kembung
  • Meningkatkan kemampuan motorik kasar

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Cara Menambah Berat Badan Bayi

Cara Melakukan Tummy Time

Nah bagi Moms yang belum pernah melakukan tummy time pada si kecil, sebenarnya kegiatan ini cukup mudah dilakukan kok.

Yang perlu diperhatikan adalah waktu melaksanakan tummy time. Sangat tidak disarankan kegiatan ini dilakukan pascamenyusui. Pasalnya, ada risiko besar bayi akan muntah karena perutnya tertekan.

Paling pas, kegiatan ini dilakukan setelah bayi mandi, bantun dari tidur siang, atau setelah berganti popok.

Terkait dengan langkah-langkahnya, berikut tahapan tummy time yang disarankan oleh Dr. Meva Nareza dari Alodokter:

  • Lakukan tummy time di tempat yang datar, seperti lantai dan kasur atau di atas perut dan pangkuan Bunda.
  • Sebelum memulai, ada baiknya untuk membersihkan alas tempat bayi latihan. Kemudian, penting juga untuk mengalasi dengan kain yang lembut, selimut, atau bantal tipis, agar bayi lebih nyaman.
  • Taruh bayi secara perlahan pada posisi tengkurap.
  • Ajak bayi untuk berinteraksi dengan berbicara, bercanda, bermain dengan mainannya, atau melihat gambar-gambar di buku. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan verbal bayi.
  • Jika perlu, letakkan cermin di depan bayi agar perhatiannya bisa teralih dengan melihat bayangannya dan tidak rewel.

Untuk durasinya, tummy time bisa dilakukan selama 3 menit dan sehari harus dilatih sebanyak 2-3 kali. Seiring bertambahnya usia, waktu latihan bisa diperpanjang hingga 20-30 menit. Durasi latihan ini bisa dicapai saat bayi berusia 4 bulan.

Penting diketahui, bahwa di awal latihan, bayi mungkin menolak dan rewel. Namun, tetap lakukanlah latihan ini dan kurangi waktunya menjadi 1–2 menit di setiap sesinya. Nantinya, ia akan terbiasa dan justru menyukai aktivitas ini.

Jika bayi sudah nyaman dengan tummy time, Moms bisa istirahat sambil mengawasi kegiatan bayi. Selagi beristirahat, ada baiknya Moms membuka aplikasi Titipku untuk menyiapkan pasokan kebutuhan makan di rumah.

Di Titipku, produk makanannya lengkap, sehingga Moms cukup belanja di satu aplikasi untuk memenuhi seluruh kebutuhan pangan keluarga.

Ada banyak promo juga yang bisa Moms nikmati! Salah satunya promo gratis ongkir untuk pembelanjaan dengan nominal minimal tertentu.

Cusss download Titipku di Google Playstore dan Apple Appstore sekarang dan selamat berbelanja praktis bersama Titipku!

Tinggalkan Balasan