Cara Hilangkan Bau Amis Daging Kurban

kurban, qurban, daging kurban, bau amis, menghilangkan bau amis

kurban, qurban, daging kurban, bau amis, menghilangkan bau amis

Saat Idul Adha kemarin, apakah Anda mendapat banyak daging kurban? Jika iya, maka Anda perlu mengolahnya dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama sebelum daging tidak layak dikonsumsi. Tapi, bagaimana ya caranya mengolah daging kurban agar tidak amis?

Saat mendapat daging kurban, kita tidak bisa memilih bagian daging mana yang kita dapat. Terkadang kita mendapat bagian daging yang empuk dan baik kualitasnya, tapi bisa juga kita mendapat bagian daging yang berlemak dan alot karena banyak mengandung silver skin. Tak jarang juga kita mendapat bagian daging yang berbau amis.

Nah, agar daging kurban tidak berbau amis meski sudah dimasak, ikuti tips berikut ini dari idntimes.com yuk:

 

  • Membuang Lemak Pada Daging

Salah satu cara menghilangkan bau amis dari daging yang cukup efektif ialah menyingkirkan kandungan lemak pada daging. Sebab, kebanyakan bau amis yang dihasilkan ini biasanya berasal dari kandungan lemaknya. Anda hanya perlu memasukkan daging kurban terlebih dahulu ke dalam lemari es. Setelah daging membeku, Anda bisa dengan mudah memisahkan lemaknya

  • Berikan perasan Lemon

Air perasan lemon dapat menghilangan bau amis pada daging. Anda bisa memarinasi daging menggunakan air perasan lemon. Caranya dengan melumuri permukaan dagingĀ  dengan air perasan lemon dan diamkan selama 45-60 menit.

  • Taburi Garam

Garam dapat menghilangkan bau amis pada daging. Dengan menaburi garam pada daging bisa menetralisir bau amis yang tak sedap. Cukup taburi garam secara merata ke seluruh bagian daging, lalu diamkan selama 60 menit dan bersihkan daging dari garam menggunakan air.

  • Beri Parutan Nanas

Buah nanas mempunyai rasa segar dan mampu menghilangkan bau tak sedap. Sehingga buah nanas bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Caranya cukup mudah. Pilih nanas yang masih muda, kemudian parut buah ini dan taburkan parutan nanas ke seluruh bagian daging. Lalu diamkan selama 30 – 60 menit.

Selain dapat menghilangkan bau amis pada daging, nanas juga bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Nanas mengandung bromelain, enzim protease yang sering digunakan sebagai pengempuk daging.

  • Lumuri dengan Bawang Putih

Bawang putih juga ampuh sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada daging. Selain itu bawang putih juga dapat menjadi bumbu pada masakan daging dan memberi rasa yang nikmat. Cukup lumuri daging dengan bawang putih yang telah dihaluskan sebelum memasaknya. Atau Anda juga dapat memasukkan cincangan bawang putih ke dalam masakan.

 

Cukup mudah kan? Anda bisa membeli bawang putih, garam, nanas, atau lemon di Titipku loh. Tinggal pesan #DariRumah lalu tunggu Jatiper datang mengantarkan pesanan Anda. Praktis banget kan? Yuk download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan