Hal yang Bisa Ibu Hamil Lakukan untuk Tingkatkan Imunitas

ibu, ibu hamil, pregnant, pregnant mom, pregnancy, imunitas, imunity, meningkatkan imunitas, meningkatkan imunitas ibu hamil

ibu, ibu hamil, pregnant, pregnant mom, pregnancy, imunitas, imunity, meningkatkan imunitas, meningkatkan imunitas ibu hamil

Ibu hamil sebisa mungkin harus menjaga kesehatan dan jangan sampai sakit. Pasalnya, banyak ibu hamil yang merasa paranoid ketika sakit, hal itu bisa berpengaruh ke kondisi janin. Dan sialnya, kelompok ibu hamil adalah kelompok yang rentan terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih lemah saat kondisi hamil.

Agar tidak mudah sakit, ibu hamil harus bisa meningkatkan imunitas. Berikut cara meningkatkan imunitas tubuh pada ibu hamil menurut idntimes.com:

 

  1. Dapatkan Vaksin Flu dan COVID-19

Ibu hamil rentan tertular flu. Cara terbaik untuk menghindari tertular flu saat hamil adalah dengan vaksin flu. Vaksin flu aman diberikan pada ibu hamil hingga trimester ketiga kehamilan. Vaksin flu tidak mengandung virus hidup, sehingga tidak akan memberikan gejala flu. Selain itu, di masa pandemik COVID-19, ibu hamil juga didorong untuk mendapatkan vaksin COVID-19 karena sudah terbukti aman dan dapat menurunkan risiko penyakit parah atau komplikasi kehamilan yang berhubungan dengan COVID-19. Bila masih ragu, konsultasikan dengan dokter.

  1. Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Cairan sangat penting untuk menjaga tubuh agar berfungsi dengan baik dan sehat dengan cara membersihkan sistem. Jadi, agar Anda tetap dalam kondisi prima dan terhindar dari penyakit, pastikan untuk minum air putih sesering mungkin. Bawalah botol air ke mana pun Anda pergi sehingga bisa minum sewaktu-waktu membutuhkannya. Tapi, karena saat ini pandemi sedang terjadi, usahakan jangan keluar rumah juga ya Moms biar Moms dan janin tetap terjaga kesehatannya.

  1. Dapatkan Tidur yang Cukup

Istirahat, relaksasi, dan tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan perkembangan bayi. Ada banyak hal yang terjadi pada tubuh perempuan hamil, yang berarti perlu istirahat sebanyak mungkin. Banyak perubahan pada tubuh perempuan hamil yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat ibu hamil lebih rentan terhadap penyakit. Untuk itu, ibu hamil membutuhkan sekitar delapan jam tidur per malam untuk mencegah sakit kepala, mual, sakit punggung, dan masalah lainnya.

  1. Jangan Membersihkan Kandang Atau Litter Box Kucing

Kotoran kucing bisa jadi mengandung parasit berbahaya, seperti toksoplasmosis, yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada janin. Meskipun begitu, Anda tidak perlu menjauhi kucing secara total selama kehamilan. Yang perlu dilakukan adalah ibu hamil menghindari atau tidak perlu membersihkan kandang kucing atau mengganti pasir kotoran kucing (litter box). Mintalah bantuan orang lain untuk melakukannya. Bila harus mengganti litter box sendiri, pastikan untuk mengenakan sarung tangan dan segera mencuci tangan setelahnya.

  1. Pakailah Masker

Dalam situasi yang lebih berbahaya, seperti saat pandemi COVID-19, ibu hamil mungkin perlu memakai masker di banyak kesempatan. Mengenakan masker dapat sangat membantu dalam melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Saat berada di tempat ramai atau rentan terhadap penyakit, seperti rumah sakit, transportasi umum, mal, ada baiknya untuk menggunakan masker ganda untuk berjaga-jaga.

  1. Olahraga Rutin

Meskipun sedang hamil, Anda wajib untuk tetap berolahraga semampunya. Juga, konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan aktivitas berat. Latihan berdampak rendah seperti yoga, pilates, berenang, dan berjalan sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Dengan olahraga ini, nantinya Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk menghadapi tantangan selama kehamilan.

  1. Sering Mencuci Tangan

Kuman penyakit ada di mana-mana dan ini bisa masuk ke tubuh Anda dengan berbagai cara. Sebagai ilustrasi, Anda menaruh HP di permukaan yang tidak Anda ketahui kebersihannya. Kuman yang menempel di HP ini bisa masuk ke tubuh saat Anda menyentuh HP, lalu menyentuh mulut, hidung, atau mengucek mata. Satu-satunya solusi untuk mencegah masuknya kuman merugikan ke dalam tubuh adalah dengan mencuci tangan sebelum menyentuh mata, telinga, hidung, dan mulut. Bila perlu, selalu bawa hand sanitizer atau tisu antibakteri ke mana-mana untuk berjaga-jaga jika sabun dan air tidak tersedia.

Selain itu, CDC menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air setelah melakukan hal-hal berikut:

  • Menggunakan kamar mandi
  • Menyentuh daging mentah, telur mentah, atau sayuran yang belum dicuci
  • Menyiapkan makanan
  • Berkebun atau menyentuh tanah
  • Menyentuh hewan peliharaan
  • Berada di dekat orang sakit
  • Mengganti popok

 

Itulah beberapa tips untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain ketujuh cara di atas, Anda juga perlu mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan. Kalau Anda butuh sayur dan buah, Anda bisa membelinya secara daring melalui aplikasi Titipku. Tinggal pesan, bayar, lalu tunggu kurir Titipku yang bernama Jatiper datang mengantarkan pesanan. Tertarik? Yuk download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan