Jangan Sampai Keracunan! Ini Cara Membersihkan Kepiting

Bicara soal seafood pasti tak bisa jauh dari kepiting. Hewan tinggi protein ini menjadi satu dari sekian seafood berharga cukup mahal yang rasanya tiada tara.

Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai ‘ekor’ yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit.

Bagi sebagian orang, memakan kepiting adalah sebuah kesenangan, namun bagi sebagian yang lain, mengonsumsi kepiting adalah suatu hal yang repot. Memakan kepiting haruslah memecah cangkang keras yang melindungi dagingnya.

Kerepotan bertambah jika kamu harus mengolah kepitingnya juga. Kamu perlu membersihkan kepiting secara benar. Jika kamu salah dalam membersihkannya, kamu bisa keracunan. Nah, dilansir dari Liputan6.com, berikut cara membersihkan kepiting yang benar:

 

  • Buang Lambung

Lambung kepiting disebut juga kantong kencing kepiting. Lambungnya terletak di cangkang punggung, sisi tepi di bagian tengah dengan bentuk menyerupai segitiga berupa kantong kecil berbahan tulang. Di dalam lambung terdapat pasir. Ini adalah langkah awal dalam membersihkan kepiting.

Baca Juga: Lima Tips Untuk Membersihkan Cumi-Cumi

  • Buang Usus

Usus kepiting berupa seutas benang hitam yang menghubungkan lambung kepiting dengan pusar kepiting. Kamu juga harus membuangnya karena tidak layak dikonsumsi.

  • Buang Hati

Hati kepiting, juga sering disebut papan segi enam, memiliki fungsi yang sama seperti hati manusia: menyaring racun. Nah itulah mengapa bagian ini juga dibuang dan tidak dikonsumsi. Apalagi, makhluk laut juga terkenal dengan kandungan merkurinya yang tinggi kan?

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Udang yang Benar

  • Buang Pipi Bawah/Insang

Terakhir, kamu juga perlu membuang pipi bagian bawah atau insang kepiting yang tumbuh di bagian lambung. Bagian ini berwujud seperti alis dua baris berbahan lunak. Bagian ini juga sering disebut alis kepiting.

*****

Setelah keempat organ di atas dibuang, cuci kepiting dengan air mengalir dan kepiting siap untuk diolah. Jika kamu mau mencoba belajar membersihkannya, kamu bisa membeli kepiting segar pakai Titipku. Banyak promo di Titipku yang bisa membuat belanja kepitingmu makin hemat.

Menarik banget kan? Cuss download aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan