Begini Cara Membersihkan Udang yang Benar

Bagi orang yang alergi seafood, tentu tidak bisa memakan udang. Namun, bagi yang sudah pernah memakan udang, pastilah hewan laut ini menjadi salah satu makanan favorit. Rasa daging udang sangatlah lezat. Saking banyaknya yang suka, tak heran harga udang cukup tinggi di pasaran.

Udang kaya akan nutrisi dan bersifat fleksibel. Artinya, udang bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai dari sate, tumis, hingga goreng crispy.

Salah satu karakteristik udang adalah mempunyai cangkang yang keras sehingga harus dibersihkan dengan benar, agar bumbu bisa meresap dengan baik dan tidak menimbulkan sensasi gatal pada tubuh jika mengonsumsi udang dalam kondisi kotor. Cara membersihkan udang ini juga berbeda dengan hewan laut yang lain karena bentuknya yang unik.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Ikan dan Seafood Bagi Kesehatan

Nah biar nggak salah, berikut ini beberapa cara yang benar membersihkan udang menururt Endeus.tv:

  • Cuci Menggunakan Air Mengalir

Meskipun udang selalu dijual dalam bentuk rendaman, namun belum tentu udang yang baru dibeli sudah dalam keadaan bersih. Biasanya ketika baru dibeli, udang masih berbau amis dan bahkan terdapat kotoran. Untuk mengatasi hal tersebut, udang bisa dicuci dengan air mengalir. Proses ini diperlukan untuk memastikan kotoran yang menempel pada udang hilang terbawa air mengalir dan udang tidak terlalu berbau amis.

  • Buang Bagian Kepala

Setelah dicuci, langkah selanjutnya adalah membuang bagian kepala udang. Kita bisa membuang kepala udang dengan memutar bagian kepala hingga terlepas. Namun bila kita ingin memasak udang secara utuh, kamu bisa memotong bagian kumisnya. Biasanya udang yang dimasak bersama dengan kepalanya adalah udang yang berukuran besar karena bagian kepala masih terdapat daging udang.

Biasanya, udang yang dimasak beserta kepalanya adalah udang yang berukuran cukup besar.

  • Bersihkan Punggung Udang

Setelah membersihkan bagian kepala, bagian punggung udang juga harus dibersihkan dengan baik. Cara membersihkan punggung udang yang paling mudah adalah dengan mengupas cangkangnya kemudian belah bagian punggung udang.

Bila ada semacam benang berwarna hitam, itu adalah kotoran udang yang harus dibuang. Bila memasak udang secara utuh tanpa mengupas kulitnya, kamu bisa menggunakan gunting untuk membersihkan bagian punggung udang dengan cara yang sama. Langkah ini memang sedikit rumit karena harus dibersihkan satu per satu, namun tetap harus dilakukan agar udang bisa bersih dengan maksimal dan tidak mengakibatkan tubuh gatal-gatal karena mengonsumsi udang yang kotor.

  • Lumuri dengan Perasan Jeruk dan Garam

Sama seperti hewan laut lainnya, udang juga berbau amis. Agar bau amis pada udang bisa hilang, ada beberapa bahan dapur yang bisa digunakan. Bahan yang paling umum adalah dengan perasan jeruk dan juga garam. Remas-remas sebentar udang yang sudah dibersihkan dan diberi air perasan jeruk dan garam, kemudian cuci kembali udang hingga bersih agar rasanya tidak tercampur.

  • Rendam dengan Cuka

Bila kita memasak daging udang saja namun kesulitan untuk mengupas cangkangnya, kita bisa merendam udang dengan larutan cuka. Rendam udang dalam larutan cuka selama beberapa saat, kemudian kita bisa mengupas cangkangnya dengan lebih mudah. Mengupas cangkang udang juga mempermudah kita membersihkan udang.

*****

Itulah cara membersihkan udang yang benar. Bagi kamu yang belum pernah membersihkan udang, mungkin akan kesulitan di awal, namun percayalah lama kelamaan juga akan terbiasa.

Kamu bisa membeli udang di Titipku. Bagi kamu warga Pantai Indah Kapuk, kamu bisa membeli udang di Pasar PIK lewat Titipku. Di pasar ini, produk seafoodnya sangat lengkap. Jadi, kamu bisa membeli udang sekaligus ikan, kepiting, dan kerang.

Di Titipku, juga ada Diskon 30% yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mendapat potongan hingga Rp50.000. Menarik banget kan? Yuk download aplikasinya di Playstore!

Tinggalkan Balasan