Cara Menata Dapur Minimalis Supaya Nyaman Dipakai

dapur, kitchen, dapur minimalis, minimalist kitchen

dapur, kitchen, dapur minimalis, minimalist kitchen

Dapur adalah bagian yang penting dalam rumah. Berbagai makanan lezat yang memberi energi untuk beraktivitas kebanyakan lahir dari dapur rumah kita. Karena penting, dapur yang nyaman sangat dituntut agar mood kita saat memasak baik dan makanan yang diolah di dapur tidak terkontaminasi kuman akibat kondisi yang kotor. Terlebih saat kita memiliki dapur minimalis dengan area yang tidak terlalu luas. Harus pintar-pintar dalam menata nih Moms.

Mengutip dari Kumparan, berikut cara-cara yang bisa digunakan agar dapur minimalis kita bisa nyaman dipakai.

 

  1. Cari Referensi

Mendesain interior dapur minimalis bisa jadi menyulitkan jika Anda tidak tahu desain dapur yang Anda inginkan. Maka dari itu, langkah awal yang harus dilakukan yakni mencari referensi. Anda bisa menemukan berbagai referensi desain dapur minimalis dari internet ataupun media sosial. Kemudian, buat perencanaan desain tergantung modal yang dimiliki.

  1. Perpaduan Warna

Padukan warna-warna unik agar ruang memasak jadi terlihat seimbang dengan keseluruhan komposisi warna pada hunianmu. Jika ruangan dapur terbatas, sebaiknya menggunakan gunakan warna cat yang cerah, seperti warna putih yang dapat menciptakan ilusi optikal yang membuat ruangan tampak lebih luas. Kemudian padupadankan warna dinding ruangan dengan warna yang kontras terhadap warna furniture. Hal itu akan membuat desain dapur jadi lebih menyenangkan.

  1. Penempatan Kabinet

Kabinet adalah salah satu elemen penting yang harus ada pada dapur minimalis. Kabinet berfungsi sebagai rak penyimpanan utama serta bisa mengorganisir berbagai peralatan dapur dan makan. Bila ruangan terbatas, maka kabinet dinding adalah solusinya. Caranya adalah usahakan kabinet dapur mencapai langit-langit untuk menghindari ruangan menjadi kotor dan kabinet tidak higenis akibat debu dan kotoran lainnya.

  1. Ruang Penyimpanan Multifungsi

Memanfaatkan ruang penyimpanan multifungsi, sebab ini bermanfaat untuk dapur minimalis dengan kapasitas ruang yang sempit dan terbatas. Ruang ini dapat membuat dapur terlihat lebih lapang. Penyimpanan berupa lemari kabinet multifungsi dapat berguna menyimpan peralatan makan beserta alat masak, daripada harus memasang satu per satu lemari yang hanya memiliki satu fungsi. Selain tempat penyimpanan, pertimbangan lainnya yakni dengan menggunakan peralatan yang multifungsi sehingga dapur nampak tidak terlalu berantakan.

  1. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik merupakan salah satu  ciri rumah sehat. Oleh karena itu sirkulasi udara menjadi hal yang wajib diperhatikan saat membangun dapur. Udara yang segar di dapur akan membantu menjaga peralatan memasak dan peralatan makan tetap steril dan higienis. Selain itu, ditambah dengan cahaya matahari yang baik akan menjaga kelembapan dapur.

*****

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat dapur minimalis Anda tampak lenggang, bersih, menarik, dan sehat. Nah, kalau dapur sudah keren, pastinya harus didukung bahan makanan yang segar dan berkualitas dong. Soal mencari bahan makanan, percayakan saja ke Titipku! Jatiper Titipku bisa memilihkan pesanan bahan pangan yang segar dan berkualitas loh? Pengen buktiin? Download aplikasinya sekarang!

Tinggalkan Balasan