Cara Mencuci Boneka Supaya Tidak Kempes

Titipku – Siapapun di dunia ini pasti tahu yang namanya boneka. Meski tidak semua memilikinya, boneka merupakan salah satu benda estetik yang sangat familiar dengan masyarakat. Kebanyakan boneka terbuat dari kain lembut dan berisi busa nan empuk seperti bantal. Bentuknya macam-macam, mulai dari hewan, tokoh superhero, tokoh kartun, dan sebagainya. Meski rata-rata yang memiliki boneka biasanya kaum perempuan atau anak kecil.

Boneka juga sering menjadi hadiah yang diberikan untuk orang-orang terkasih. Maka dari itu, selain pecinta boneka, siapapun yang memiliki boneka harus merawat boneka agar tetap bagus dan cakep. Cara merawat boneka yang paling dasar adalah mencucinya. Dengan bahan yang lembut, debu selembut apapun pasti bisa menempel pada boneka. Makanya, boneka harus dicuci untuk menghilangkan debu secara maksimal.

Mencuci boneka di rumah, sangat bisa. Tak harus dengan ke laundry. 

Pertama, mencuci secara manual menggunakan tangan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Periksa terlebih dahulu apakah ada bagian yang robek atau jahitan terlepas pada boneka, karena bagian tersebut bisa berisiko tambah rusak jika dicuci.
  2. Jika boneka mempunyai rambut berbahan benang atau sutra, disarankan dibungkur dulu dengan kain bekas untuk melindungi teksturnya. Kain bisa dilepas untuk menyikat rambut boneka dengan sisir, saat boneka masih basah.
  3. Disarankan menggunakan sabun cuci cair, karena sabun jenis ini tidak memiliki partikel seperti sabun cuci bubuk yang bisa tertinggal di dalam serat boneka.

Tak punya sabun cuci cair, tapi agak malah ke luar rumah? Titip saja melalui aplikasi Titipku!

  1. Larutkan sabun cuci cair ke dalam air sesuai kebutuhan.
  2. Masukkan boneka dan rendam sekitar 15 menit.
  3. Setelah direndam, jangan memeras atau mengucek boneka dengan kuat. Cukup angin-anginkan. Apabila ada noda, gosok dengan sikat dengan hati-hati.
  4. Bilas dengan air bersih. Cukup dicelup-celupkan saja.
  5. Ditekan-tekan saja, jika ingin mempercepat pengeluaran airnya.
  6. Hindari memelintir untuk memerasnya.
  7. Jemur boneka di tempat terbuka, tetapi bukan di tempat yang terkena sinar matahari langsung
  8. Kunci agar boneka tetap mengembang dan tidak kempes adalah tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.
  9. Setelah kering, sikat bulu boneka menggunakan sisir dengan lembut.

Kedua, menggunakan mesin cuci.

Sebelum menggunakan mecin cuci, pastikan dulu bahwa mesin cuci teradapat label diperbolehkan untuk mencuci boneka. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masukan boneka ke dalam mesin cuci.
  2. Tambahkan sabun cuci cair sesuai kebutuhan ke dalam mesin cuci. 
  3. Pilih pengaturan untuk bahan lembut (delicate), agar boneka terlindungi dan menggunakan pengaturan suhu rencah. Jika mencuci dengan suhu tinggi, maka dapat membuat noda apabila ada noda pada boneka semakin terserap dan akan semakin susah dihilangkan.
  4. Gunakan handuk kering untuk menyerap kelebihan air pada boneka setelah dicuci. Bungkus boneka dengan handuk, lalu tekan-tekan untuk mengeluarkan airnya.
  5. Ingat, hindari memelintir boneka.
  6. Keringkan boneka di tempat terbuka. Tapi jangan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, agar boneka tidak cepat kempes.
  7. Sikat bulu boneka dengan lembut setelah kering.

#dirumahaja

Mudah bukan? Di masa pandemic yang membuat kita lebih banyak di rumah, barangkali “bersih-bersih” koleksi boneka menjadi salah satu kegiatan untuk mengusir bosan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber: tirto.id dan rinco.com

Tinggalkan Balasan