Cara Mencuci Buah dan Sayur Bebas Pestisida dan Bakteri

tips mencuci buah dan sayur, cara mencuci buah dan sayur, cara mencuci sayur dan buah

Titipku – Suka makan sayur dan buah? Jangan pernah memakan buah dan sayur tanpa dicuci terlebih dahulu. Bukan hanya tentang pestisida, kamu juga harus waspada pada kuman dan bakteri berbahaya seperti halnya salmonella dan e.colli yang sering ada di buah-buahan dan sayuran mentah. Lalu, bagaimana cara membersihkan buah dan sayur bebas pestisida dan bakteri? Perhatikan tips cuci buah dan sayur agar terhindar dari penyakit. Berikut caranya dari hellosehat.com

Cuci tangan sebelum mencuci buah

Sebelum kamu mencuci buah atau sayuran, baiknya cuci tangan terlebih dahulu. hal yang sama juga harus kamu lakukan setelah selesai mencuci buah ya!

Pisahkan buah dan sayur dengan bahan makanan lain

Selalu pisahkan buah-buahan beserta dengan sayuran mentah yang baru kamu beli dengan makanan siap makan atau makanan mmatang yang sudah dimasak. Hal ini untuk memastikan paparan peptisida tidak menyebar ke makananmu.

tips mencuci buah dan sayur, cara mencuci buah dan sayur, cara mencuci sayur dan buah
Instagram: buymythingsaustralia

Potong bagian yang rusak

Diantara semua buah dan sayuran yang kamu beli, pasti ada tampilan yang tidak sempurna. Jika ada bagian buah atau sayuran rusak, maka bisa memiliih dan memotongnya terlebih dahulu. Hal ini adalah untuk memastikan tidak ada ulat atau organisme lain di dalam buah dan sayur. Pastikan pisau juga bersih.

Gunakan air mengalir

Cuci buah dan sayuran Anda di bawah air mengalir. Jangan tempatkan air dalam satu wadah dan mencucinya di wadah tersebut. Cara ini tidak dianjurkan.

Bersihkan dari bagian yang kotor

Seluruh bagian buah dan sayuran harus dibersihkan jangan sampai terlewatkan. Mulai dengan bagian yang paling kotor.

Gunakan sabun khusus pencuci buah dan sayur

Guna memastikan buah dan sayuran bebas pestisida, maka gunakan produk dengan bahan alami yang diguakan untuk mencuci buah dan sayur. Cari produk dengan kandungan jeruk nipis agen anti bakteri yang membersihkan bakteri pada buah dan sayur.

Gosok Buah

Gunakan sikat untuk menggosok kotoran keras seperti tanah, namun gunakan sikat lembut agar tidak melukai kulit buah. Jika mencuci buah atau sayuran berkulit halus seperti tomat atau anggur, gosok secara lembut menggunakan tangan. Hal ini untuk mencegah terjadinya robekan pada kulit buah.

Bilas buah dan sayuran

Setelah kamu mencuci buah dan sayuran dan memastikan sudah bersih dari kotoran dan pestisida. Bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Keringkan dan simpan buah

Sesudah memastikan tidak ada lagi kotoran atau pestisida yang menempel pada buah dan sayura, keringkan dengan menggunakan handuk bersih yang tidak digunakan untuk apapun. Setelah kering, tempatkan buah ke dalam wadah bersih.

Belanja buah dan sayur titip beli aja di Titipku

Cara mencuci buah dan sayur ternyata mudah bukan? Maka, sudah saatnya gaya hidup sehat kembali dilaksanakan dimulai dari langkah cuci buah dan sayur aman bebas pestisida. Nah buat kamu yang ingin belanja buah dan sayur segar tap imager di pagi hari, titip beli aja di Titipku! Yuk yuk pesan sekarang.

Titipku merupakan platform digital yang mendukung digitalisasi UKM. Titip ke pasar dari Titipku merupakan bentuk dukungan untuk para pedagang UKM di pasar-pasar tradisional agar semakin laris. Dengan kamu membeli buah dan sayur melalui Titipku berarti kamu sudah termasuk mendukung UKM Indonesia menjadi lebih baik! 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan