Begini Cara Mencuci Tas Ransel yang Benar

Bagi sebagian orang, mereka lebih nyaman bepergian dengan membawa tas ransel. Baik itu untuk pergi ke kantor, ke sekolah, bermain, atau ke gym. Tas ransel memang mampu memuat banyak barang, sangat pas untuk mereka yang sering membawa banyak peralatan atau barang jika ingin bepergian ke luar rumah. 

Sayangnya, di musim hujan ini bepergian menggunakan tas bisa menyebabkan tasmu menjadi lembab atau basah terkena hujan. Idealnya, mencuci tas dilakukan setidaknya dua sampai tiga kali dalam setahun untuk menjaga kebersihan tas ranselmu. Namun, jika tasmu sudah lembab atau basah, tidak ada jalan lain selain mencucinya. Kamu bisa mencuci tas ranselmu menggunakan mesin cuci dengan langkah-langkah berikut ini. 

 

Kosongkan Tas

Tentunya, kamu harus mengosongkan tas ranselmu sebelum dicuci. Keluarkan semua barang-barang yang kamu simpan di dalam tas. Selain itu, kamu juga bisa melepas kantong tambahan pada tas (jika ada). Bagian tersebut dapat dicuci terpisah. Jangan sampai saat mencuci kamu baru ingat ada barang yang lupa kamu keluarkan, apalagi jika barang tersebut adalah surat atau dokumen penting. 

Bersihkan Debu dalam Tas

Agar tas lebih mudah bersih saat dicuci, kamu bisa membersihkan debu dan kotoran-kotoran kecil pada tas terlebih dahulu. Gunakan vacuum cleaner supaya lebih mudah membersihkannya. Jika tidak punya vacuum cleaner, balik sisi dalam tas keluar, dan goyang perlahan-lahan agar kotoran kecil dan debu berjatuhan. 

Baca Instruksi Pada Label

Ini adalah hal yang paling penting. Pada label tas ransel, biasanya terdapat instruksi bagaimana mencuci tas. Misalnya saja, tas berbahan nylon atau canvas dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Sementara itu, tas berbahan kulit tidak disarankan menggunakan mesin cuci karena dapat merusak bahannya. Kamu bisa mencuci tas ransel tersebut menggunakan kain basah yang sudah diberi deterjen tanpa pemutih pakaian. Bilas dengan air dingin menggunakan kain yang lain.

Gunakan Detergen non-pemutih

Balikkan tas bagian dalam keluar, lalu masukkan ke dalam mesin cuci. Gunakan detergen non-pemutih agar tidak merusak bahan pada tas. Gunakan air dingin dan putar mesin cuci menggunakan putaran sedang sekitar 15 menit. Setelah selesai, jangan keringkan menggunakan pengering karena akan merusak bahan. 

Gantung Tas agar Kering

Alih-alih menggunakan pengering, gantung tas di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Jika memungkinkan, gantung di luar rumah ketika cuaca sedang terik. Angin dan matahari dapat membantu tas lebih cepat kering. Jika cuaca mendung, gantung tas di tempat yang tidak lembab dan tetap mendapat sirkulasi udara yang baik. 

 

Itu dia langkah-langkah mencuci tas ransel. Sambil menunggu tas kering, asyiknya belanja kebutuhan dapur lewat Aplikasi Titipku nih. Ada banyak sayuran dan buah-buahan segar siap untuk diantarkan Jatiper ke rumah kamu. Lagi ada promo JADIHEMAT loh saat ini. Promo yang berlaku pada 16 hingga 28 Februari 2021 ini akan memberi potongan harga sebesar Rp10.000.

Bisa belanja di pasar terdekat rumah kamu lho! Yuk segera unduh Aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan