Cara Menggoreng yang Tidak Boros Minyak

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan konsumen minyak goreng terbanyak di dunia. Selain berpotensi menimbulkan limbah minyak yang sangat banyak, penggunaan minyak yang tinggi juga berisiko bagi kesehatan masyarakat. Saat ini, sebenarnya minyak goreng sudah bisa dikurangi penggunaannya. Ada teknik dan peralatan khusus yang dapat menggantikan fungsi dari minyak. Supaya kamu tidak boros minyak di rumah, yuk simak tips berikut ini:

 

  • Menggunakan Wajan Anti-Lengket

Wajan anti lengket bisa menjadi solusi penggunaan minyak. Salah satu fungsi minyak adalah membuat makanan tidak lengket menempel di wajan. Dengan menggunakan wajan anti-lengket, kamu bisa mengurangi penggunaan minyak dan dengan demikian bisa tidak boros minyak.

  • Menggunakan Metode Pan Fry

Pan fry adalah metode masakan dengan sedikit memberikan minyak pada makanan. Metode ini efektif mengurangi penggunaan minyak harian, tapi pastikan kamu memasaknya jangan terlalu lama ya jika menggunakan metode ini. Metode ini bisa membuat makanan matang lebih cepat.

  • Menggunakan Cooking Spray

Cooking spray adalah minyak goreng yang disemprot. Model semprot ini bisa membuat tidak boros minyak. Bahkan, beberapa produk cooking spray ada yang bebas kalori, sehingga lebih sehat bagi tubuh.

  • Menggunakan Air Fryer

Air Fryer adalah alat masak khusus menggoreng yang bentuknya mirip dengan magic cooker. Beberapa alat yang canggih sudah bisa menggoreng otomatis tanpa menggunakan minyak. Hal ini tentunya bisa sangat menghemat konsumsimu akan minyak.

  • Mengganti Minyak dengan Margarin

Jika kamu ingin menumis saja (tidak menggoreng), bisa menggunakan margarin daripada menggunakan minyak. Selain membuat masakan lebih gurih, margarin bisa menjadi pengganti yang tepat untuk konsumsi minyak goreng.

  • Menggunakan Minyak Lebih dari Sekali

Minyak goreng bisa digunakan lebih dari sekali. Namun, perlu diperhatikan bahwa minyak perlu disaring sebelum digunakan kembali. Hal ini penting dilakukan agar gorengan setelahnya tidak mudah gosong dan tidak meninggalkan bau tak sedap.

*****

Menggunakan minyak lebih dari sekali memang sah-sah saja, tapi kamu perlu memperhatikan kualitas minyaknya juga ya. Penggunaan minyak secara berulang dapat berbahaya bagi kesehatan. Jika memang minyak di rumah sudah tidak layak pakai, ada baiknya membeli minyak yang baru.

Jika kamu tinggal di Kelapa Gading, kamu bisa membeli minyak di Diamond Supermarket pakai Titipku. Pada 4 – 6 Maret 2021 ada diskon minyak goreng jika kamu beli pakai Titipku. Hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaranmu untuk membeli minyak goreng. Simak info lebih lanjutnya di Instagram @titipkuofficial yuk!

Tertarik? Download aplikasi Titipku sekarang!

Link Toko Diskon : https://titipku.page.link/DUxA
Periode Promo       : 4 – 6 Maret 2021

 

Sumber: https://www.haibunda.com/moms-life/20200316122503-76-85701/7-tips-menggoreng-agar-tak-boros-minyak

Tinggalkan Balasan