Cara Menghilangkan Kerak Membandel Pada Peralatan Masak

Titipku – Kerak atau lemak bekas masakan yang menempel pada peralatan masak, terutama panci dan wajan, sering menjadi “PR” setelah asyik memasak. Apalagi bagi yang masih belajar memasak, kemungkinan merasa cukup bingung dan kesulitan untuk bisa membersihkannya.

Tak jarang, kerak tidak bisa dihilangkan hanya dengan diusap menggunakan air dan sabun saja. Butuh teknik khusus, agar kerak bisa mudah dihilangkan. Berikut rangkuman cara-cara yang bisa digunakan untuk membersihkan lemak.

  • Merendam dengan air sabun

Peralatan masak di dapur yang penuh lemak atau kerak, akan sulit dibersihkan jika langsung dicuci dengan sabun. Maka dari itu, perlu direndam dalam beberapa waktu agar lemak dan kerak bisa terangkat. Durasi perendaman bisa beberapa jam atau bahkan semalam penuh. 

Sebelum direndam, peralatan masak perlu diolesi sabun cuci piring terlebih dahulu. Cara ini bisa membantu proses pengangkatan kerak dengan lebih mudah.

  • Menggunakan abu gosok

Cara ini adalah cara paling tradisional yang sudah digunakan oleh nenek moyang untuk membersihkan noda membandel pada peralatan masak. Sebelum ditemukan kompos gas yang anti meninggalkan moda, peralatan masak seperti panci dan wajan sering menghitam pada bagian pantatnya. Nah, menggunakan abu saat mencucinya adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasinya.

Mudah pula dilakukan. Sampurkan abu dengan air sampai berbentuk adonan. Kemudian, gosok-gosokkan pada alat masak yang berkerak. Terakhir bilas dengan air bersih. Kamu juga bisa tambahkan sabun cuci piring pada campurannya. Ulangi beberapa kali, sesuai kebutuhan, ya.

  • Menggunakan cuka

Saat panci atau wajan masih panas, cukup aliri permukaan yang kotor menggunakan air cuka. Kamudian, diamkan beberapa sekitar 15 menit. Gunakan spatula, khususnya yang berbahan kayu untuk mengikis area yang terkena kerak. Kandungan asam asetat pada cuka akan bekerja pada saat didiamkan. 

Selanjutnya, bisa dilanjutkan untuk membilasnya dengan air atau kembali dicuci secara biasa menggunakan sabun, karena peluruhan kerak sudah dibantu oleh cuka yang sebelumnya dipakai. Namun, cara ini tidak berlaku untuk wajan anti lengket.

  • Menggunakan baking soda

Apabila ada stok baking soda, kamu bisa memakainya untuk membersihkan kerak pada peralatan masak. Caranya mudah. Campur baking soda dengan sedikit air hangat, sampai berbentuk seperti pasta gigi. Kemudian, gunakan untuk menyikat bagian panci atau wajan yang terdapat kerak. 

Sikat sampai noda bisa terkikis secara menyeluruh. Terakhir, bilas dengan air hangat saat noda telah meluruh sempurna.

Jika kerak masih susah hilang, oleskan kembali baking soda. Lalu diamkan sampai sekitar satu jam. Setelah itu, kamu bisa mencuci area yang noda menggunakan sabun cuci piring seperti biasanya.

  • Menggunakan jeruk nipis

Satu lagi cara untuk membersihkan kerak yang membandel. Siapkan sabun cuci piring dan jeruk nipis yang telah dipotong-potong. Campur keduanya sampai rata.

Tuangkan campuran sabun dan jeruk nipis pada wadah yang sudah diisi air dan sekirannya cukup untuk menampung peralatan masak yang hendak dihilangkan keraknya. Proses perendaman disarankan selama beberapa jam. Jika kerak sudah sangat parah, rendam selama semalam penuh. Setelah direndam, peralatan masak bisa dicuci dengan mudah karena keraknya sudah luruh.

#dirumahaja

Itu beberapa cara yang dilakukan untuk membersihkan lemak atau kerak yang membandel pada peralatan masak kesayanganmu. Ingin mencoba salah satunya, tetapi tidak ada bahannya? Seperti baking soda atau jeruk nipis, misalnya.

Tenang… kamu tentu bisa menggunakan aplikasi Titipku untuk membeli barang yang dibutuhkan. Tak perlu ragu, barangnya sulit didapatkan. Mengingat jeruk nipis, sabun cuci piring, baking soda, atau cuka, pasti dijual di toko-toko kelontong yang dekat dengan rumah.

Dengan aplikasi Titipku, kamu bahkan tidak perlu keluar rumah. Cukup siapkan uang yang cukup, HP dan jaringan internet, untuk transaksi tentunya. Ayo belanja di Titipku!

Rewrite: kumparan.com dan popmama.com

Tinggalkan Balasan