Cara Mengobati Luka Bakar Ringan, Jangan Pakai Pasta Gigi!

luka bakar ringan, luka, terbakar, bakar, luka bakar, kulit terbakar, burn skin, burn, burned

luka, terbakar, bakar, luka bakar, kulit terbakar, burn skin, burn, burned

Saat memasak, pastilah Bunda pernah terkena luka bakar ringan, mulai dari menyentuh permukaan alat masak yang panas atau tak sengaja terkena api kompor. Dari dulu, dan mungkin hingga sekarang, banyak mitos yang beredar soal menangani luka bakar ringan di rumah. Mengoleskan pasta gigi di area luka bakar atau mengoleskan kecap merupakan mitos yang paling umum. 

Ternyata, mengoleskan benda-benda asing terhadap luka bakar justru malah dapat membuat kulit iritasi. Lantas, bagaimana cara mengobati luka bakar ringan yang tepat? Berikut adalah langkah-langkah mengobati luka bakar ringan dilansir dari American Academy of Dermatology.

 

Dinginkan Luka Bakar

Hal pertama yang wajib dilakukan alah mendinginkan luka bakar dan area di sekitarnya. Namun, tidak boleh menggunakan es karena malah akan memperparah dan menimbulkan radang dingin. Cukup alirkan air dingin pada area luka bakar selama 5-10 menit. 

Bunda juga bisa mengompresnya menggunakan air dingin. Gunakan kain yang agak tebal seperti handuk agar suhu dinginnya tidak melukai kulit. Lakukan hal ini sampai rasa sakit pada area luka bakar berkurang.

Gunakan Petroleum Jelly

Alih-alih menggunakan pasta gigi, margarin, atau kecap yang dapat membuat kulit iritasi, Bunda bisa menggunakan petroleum jelly. Cari produk losion yang mengandung petrolatum. Petroleum jelly berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dengan mencegah penguapan air. Gunakan produk ini setidaknya dua sampai tiga kali sehari. 

Jangan Pecahkan Lepuh

Hal selanjutnya yang paling umum terjadi pada luka bakar ringan adalah kulit yang melepuh. Beberapa orang memilih untuk memecahkan lepuh karena menganggu. Ternyata, lepuh merupakan cara kulit untuk melindungi diri dari infeksi. Maka dari itu, jangan pecahkan lepuh jika muncul. Jika tidak sengaja pecah, bersihkan area lepuh dengan air mengalir. 

Minum Penghilang Nyeri

Jika rasa nyeri akibat luka bakar tidak tertahankan, Bunda bisa meminum pereda nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen. Obat tersebut tidak hanya meredakan nyeri tetapi juga mengurangi inflamasi pada area luka bakar. Tanyakan kepada apoteker untuk dosis dan keterangan pemakaian. 

*****

Nah, jadi tidak perlu lagi mengoleskan pasta gigi atau barang-barang lainnya yang dapat menimbulkan iritasi saat mengobati luka bakar ya! Pastikan luka bakar ditangani dulu hingga rasa sakitnya mereda. Setelah itu, Bunda bisa lanjut memasak.

Jika bahan untuk dimasak habis, ada baiknya untuk berbelanja dulu. Namun dengan kondisi terluka, sebaiknya tidak keluar rumah agar risiko infeksi berkurang. Bunda belanja saja #DariRumah pakai Titipku. Belanjanya cukup dilakukan menggunakan smartphone Bunda. Tinggal pesan, bayar, lalu tunggu Jatiper datang mengantarkan pesanan. Yuk download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan