Cara Mengolah Labu Menjadi Makanan Pengganti ASI

Titipku.com – Labu kuning atau Cucurbita moschata adalah jenis buah yang kerap dikonsumsi sebagai campuran kolak, kue, sup, dan puding. Mengolah labu juga terbilang fleksibel, karena bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari dikukus, ditumis, hingga dipanggang atau dibakar.

Labu ternyata memiliki banyak khasiat kesehatan karena kandungannya. Dalam seporsi labu kuning atau setara sekitar 250 gram, terkandung 50 kalori dan beragam nutrisi, yaitu: 2 gram protein, 12 – 15 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, 2,5 gram serat, 800 – 900 mikrogram vitamin A, 20 miligram vitamin C, 50 miligram kalsium, 25 miligram magnesium, 400 – 500 miligram kalium, 0,7 – 1 miligram zinc, dan 1,5 – 2 miligram zat besi.

Menurut Alodokter.com, ada sejumlah manfaat yang bisa didapat tubuh dengan mengonsumsi labu, yaitu: menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, menekan risiko terkena kanker, menjaga kesehatan mata, memelihara kesehatan jantung, menjaga kesehatan dan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: Resep MPASI Tim Bubur Ayam

Tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, labu kuning juga bermanfaat untuk menjadi makanan pendamping ASI atau yang sering disebut MPASI. Salah satu resep labu kuning untuk menjadi MPASI yaitu Pure Labu Siam. Berikut resep untuk mengolah labu menjadi pure labu:

Bahan:

1/4 of Labu parang tua.

Cara memasak:
  1. Potong-potong labu, lalu cuci.
  2. Kukus labu hingga lembut (kurang lebih selama 5 – 10 menit).
  3. Jika labu sudah lembut, hancurkan menggunakan garpu (tingkat kelembutan labu sesuaikan dengan kemampuan bayi). Cara melembutkan labu dengan cara menggunakan garpu ini biasanya untuk bayi berusia 8 bulan ke atas.
  4. untuk anak berusia 4 – 7 Bulan, labu dihaluskan dengan blender. Jangan lupa disaring.
  5. Pure labu siap disajikan untuk si kecil. Jika membuat banyak, pure bisa disimpan dalam wadah rapat lalu dimasukkan ke freezer. Jika ingin menghangatkannya, cukup direndam dengan air hangat.

 

Ternyata bermanfaat sekali ya labu itu. Nah bagi yang mau membeli labu, bisa langsung mencari pasar terdekat. Banyak pedagang menjual labu di pasar. Atau, jika tiak ingin ribet, bisa belanja dengan Titipku!

Baca Juga: Selain Menarik, Kombinasi Warna Sayuran Bagus Penuhi Nutrisi

Di Titipku terdapat banyak pasar tradisional dan pedagang UMKM yang siap dibeli produknya secara online. mau cari labu ataupun jenis sayur dan buah yang lain, semua bisa lewat Titipku.

Apa aja keuntungan belanja online malalui Titipku?

  • Belanja dengan santai #DariRumah
  • Barang lengkap
  • Banyak penawaran promo
  • Hemat waktu dan biaya
  • Belanja Lebih Aman saat PSBB

 

Download Titipku yuk!

Tinggalkan Balasan