Cara Menyimpan Buku dan Album Foto yang Baik

Kamu pasti mempunyai koleksi buku dan album, seperti novel ataupun komik di rumah. Biasanya, apa, sih, yang kamu lakukan supaya koleksi bacaanmu tidak lembab? Banyak orang mengeluhkan munculnya bercak kuning pada buku mereka. Tidak sedikit juga yang harus merelakan novel atau komik kesayangannya karena terkena rayap atau robek pada beberapa bagian karena beberapa lembarannya menempel.

Tidak hanya buku, album foto juga mudah rusak karena penyimpanan yang kurang tepat. Selain menguning dan memudar, jamur juga bisa hinggap di koleksi fotomu. Kalau sudah berjamur, bukan tidak mungkin lagi kalau fotomu harus dibuang. Sayang sekali, kan, apalagi koleksi foto masa lalu kebanyakan masih dipotret menggunakan kamera analog. Kalau masih menyimpan klisenya mungkin masih bisa dicetak ulang, tapi kalau hilang bagaimana? Nah, berikut ini ada beberapa tips menyimpan koleksi buku dan album fotomu di rumah.

Jangan Ditumpuk

Kebanyakan orang menyimpan novel, komik, serta album fotonya dengan cara ditumpuk. Cara ini sangat tidak tepat. Menumpuk buku-buku mungkin terasa lebih irit tempat penyimpanan, padahal tidak. Kamu bisa menyimpan buku dengan cara didirikan berjajar tanpa memakan banyak tempat. Menyimpan koleksi buku atau album fotomu dengan cara ditumpuk hanya akan membuatnya cepat rusak. Ini dikarenakan lembaran-lembaran di dalamnya akan menempel dan bisa semakin parah jika disimpan dalam kurun waktu yang lama. 

Sembari bersantai di akhir pekan, cobalah membereskan koleksi novel, komik, serta album foto keluargamu. Ini juga bisa menjadi ajang nostalgia karena kamu bisa mengingat kembali memori saat kecil atau bahkan jadi ingin membaca ulang novel-novel lamamu. Simpan buku dan album dalam posisi tegak berdiri dan susun satu persatu. Jangan terlalu rapat, ini juga bisa membuat lembarannya menempel. 

Sampul dengan Rapi

Beberapa buku atau album foto kebanyakan sudah berupa hardcover, sehingga akan lebih aman ketika disimpan di rak. Nah, ada baiknya sampullah buku-buku atau album foto yang tidak mempunyai sampul depan. Ada banyak, kok, sampul plastik yang dijual di pasaran dan bisa kamu sesuaikan sendiri tergantung tinggi dan panjang buku. Dengan menyampulnya, setidaknya bagian sampul bukumu akan terjaga kalau suatu waktu terkena tetesan air atau berjamur karena terlalu lembab.

Sediakan Silica Gel

Benda satu ini memang sangat berguna untuk menangani kelembaban berlebih, seperti pada sepatu, makanan, kotak kamera, dan lain sebagainya. Cobalah taruh beberapa bungkus silica gel di dalam rak bukumu. Simpan saja pada masing-masing pojok rak. Ini mencegah bukumu terhindar dari serangan jamur dan rayap.

 

Itu tadi tiga tips sederhana untuk merawat buku dan album fotomu di rumah. Yuk, rawat koleksi bukumu. Masih banyak teman-teman di daerah lain yang tidak mampu membeli buku. Sayang sekali kalau buku bacaanmu rusak dan dibuang begitu saja. Kalau memang sudah tidak dibaca, lebih baik disumbangkan daripada didiamkan tak terawat, kan?

Sambil bersantai membaca komik di akhir pekan, jangan lupa klik Aplikasi Titipku, ya! Aplikasi satu ini mewadahi berbagai pegiat UMKM di seluruh Indonesia, lho. Ada banyak sekali barang yang ditawarkan, mulai dari makanan, minuman, sampai kerajinan. Ada tanaman juga, kalau kamu sedang hobi bercocok tanam.

Ditambah lagi, di Titipku selalu ada promo menarik yang bakal buat belanjaanmu makin hemat. di Februari 2021 ini saja, sedang ada diskon 10% untuk pembelian cakwe dan Chi Cong Fan di wilayah Kelapa Gading dan promo potongan ongkir. Penasaran? Klik di sini, ya.

Tinggalkan Balasan