Cara Menyimpan Terasi yang Awet dan Anti Jamur

terasi, terasi udang, shrimp paste, menyimpan terasi, terasi awet, terasi tidak berjamur

terasi, terasi udang, shrimp paste, menyimpan terasi, terasi awet, terasi tidak berjamur

Terasi sudah seolah menjadi salah satu bumbu masak yang wajib hadir di tiap dapur rumah tangga. Dengan tambahan bumbu ini, tiap masakan akan terasa lebih sedap dengan aroma yang menggugah selera. Sayangnya waktu pemakaian bumbu ini cenderung singkat karena bumbu ini rentan berjamur, yakni hanya satu hingga dua minggu saja. Sehingga setelah itu kita musti membuangnya dan membeli terasi yang baru.

Padahal, jika kita benar menyimpannya, terasi bakal memiliki waktu pakai yang lebih lama loh! Melansir dari Fimela.com, berikut cara menyimpan bumbu berbahan dasar udang ini agar awet dan tidak berjamur.

 

Pilih Terasi yang Kualitasnya Baik

Saat membeli terasi, pastikan untuk membeli yang masih baru dan berkualitas bagus. Terasi yang masih baru tandanya memilki aroma sedap dan warnanya tidak kusam.

Hindari Terasi dengan Warna Terlalu Cerah

Hindari membeli terasi dengan warna terlalu cerah seperti merah atau pink. pasta udang dengan warna cerah kemungkinan besar mengandung zat pewarna di dalamnya. Akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika pewarna yang digunakan adalah pewarna kimia. Selain itu, adanya pewarna juga membuat bumbu ini lebih rentan lembab dan berjamur.

Simpan di Wadah Tertutup

Simpan terasi di wadah tertutup, kedap udara dan kering. Selain membuat lebih awet, cara ini juga menghindari tersebarnya bau bumbu ini ke makanan lain di sekitarnya.

Beli Secukupnya

Beli terasi dalam jumlah kecil jika tidak digunakan setiap hari. bumbu ini akan rentan mengalami perubahan rasa maupun aroma, dan juga rentan berjamur jika sudah dibuka dari bungkusnya atau dibiarkan di tempat terbuka dalam waktu cukup lama.

Simpan di Lemari Es

Simpan terasi di lemari es agar tahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Tapi pastikan sudah tertutup rapat ya. Jika tidak, bumbu ini akan sangat lembab dan karenanya akan sangat rentan berjamur.

*****

Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar terasi awet dan tidak cepat berjamur. Pastikan juga untuk melihat tanggal kadaluwarsa dari bumbu ini ya agar kita tahu batas aman penggunaannya. Jika memang sudah melewati batas kadaluwarsa, ada baiknya dibuang dan membeli yang baru. Soal belanja kebutuhan bumbu, beli saja pakai Titipku. Kondisi PPKM seperti ini membuat kita musti berada di rumah aja. Oleh sebab itu, belanja pakai aplikasi TItipku aja. Tinggal pesan, bayar, lalu tunggu Jatiper datang mengantarkan belanjaan. Praktis dan aman pastinya. Cusss download aplikasinya yuk!

Tinggalkan Balasan