Cara Mudah Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

Berbicara soal kesehatan badan, kuku juga menjadi salah satu bahasan yang tidak bisa ditinggalkan. Meskipun hanya bagian kecil dari tubuh, kukumu juga perlu perawatan agar tetap sehat, lho. Kamu mungkin pernah mengalami kuku yang kering sehingga mudah patah serta area kulit di sekitar kuku yang mudah terkelupas. Ini adalah tanda bahwa kukumu kurang terhidrasi. Yuk, simak cara merawat kuku yang bisa kamu lakukan dengan mudah berikut ini.

 

  • Hindari Kebiasaan Menggigit Kuku

Tips pertama untuk merawat kuku adalah jangan menggigit kuku. Beberapa orang seringkali menggigit kukunya, entah karena alasan kukunya sudah panjang atau kebiasaan sejak kecil. Ada pula yang suka menggigit kuku ketika merasa cemas. Tahukah kamu, menggigit kuku sebenarnya tidak baik. Tidak hanya berdampak pada potongan kuku yang tidak merata sehingga menjadi tajam pada beberapa sisi, tetapi juga ada efek serius lainnya.

Banyak penelitian membuktikan kalau kuku merupakan salah satu tempat kuman untuk bersemayam. Karena itu, sebisa mungkin sebelum makan, kita diharuskan mencuci tangan termasuk menggosok sela-sela kuku kita agar bersih. Nah, coba saya bayangkan kalau kamu senang menggigit kuku sementara ada banyak kuman yang tak terlihat di situ. Kamu bisa terkena penyakit apa saja karena kuman-kuman tersebut bisa masuk melalui mulutmu. Bahaya sekali, bukan?

Baca Juga: Hadir di Tangerang, Titipku Buka Layanan di Pasar Modern BSD

 

  • Pakai Pelembap

Sudah banyak produk pelembap khusus kuku yang dijual di pasaran. Ada yang menggunakan kuas (seperti cat kuku), ada yang berupa lotion, ada juga yang berupa gel. Kamu cukup mengoleskannya pada kukumu setiap malam sebelum tidur. Produk perawatan kuku ini biasanya satu paket dengan hand cream. Sifatnya yang melembapkan mampu membantu menghidrasi kulit tangan, termasuk area kukumu.

Perlu kamu perhatikan agar tidak menyamakan hand and body lotion dengan pelembap kuku, ya. Bukannya sehat, tetapi kukumu jadi penuh dengan lotion yang menumpuk. Memang ada beberapa produk pelembap kulit yang juga bisa digunakan untuk kuku, tetapi kamu tetap harus teliti membaca deskripsi produknya. Biasanya, pada bagian deskripsi tertulis “nail care” (perawatan kuku).

Baca Juga: Cara Simpel Menghilangkan Kantung Mata

 

  • Tidak Terlalu Sering Memakai Nail Polish dan Nail Gel

Kebanyakan perempuan ingin menjadikan kukunya terlihat cantik dengan menghiasnya menggunakan cat kuku. Ada pula yang memakai nail gel sebagai cara lain mempercantik kuku. Namun, kamu tahu tidak kalau nail polish dan nail gel bisa mempengaruhi kesehatan kukumu? Tidak hanya kering, kukumu juga bisa rusak karena pemakaian nail gel. Kalau kamu sayang kukumu, ada baiknya kamu memberikan waktu istirahat setelah memakai nail polish ataupun nail gel pada kukumu selama beberapa minggu.

 

 

Itu dia tiga cara sederhana untuk merawat kuku. Sebagai tambahan, kamu juga tidak boleh malas untuk mengonsumsi air putih, ya. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, kukumu juga terhidrasi dengan baik. Yuk, mulailah rawat kukumu supaya sehat dan tidak mudah patah. Ingat juga untuk tidak menarik kutikula karena ini bisa membuat area sekitar kuku menjadi iritasi bahkan bengkak dan bernanah.

Kalau kamu sedang mencari produk perawatan kuku, coba mampir ke Aplikasi Titipku. Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan tidak hanya makanan, minuman, ataupun kerajinan, tapi produk perawatan juga, lho. Menarik, kan?

 

Tunggu apa lagi, unduh Titipku sekarang juga dari smartphone-mu!

 

Tinggalkan Balasan