Ternyata Begini Cara Pakai Conditioner yang Tepat

Conditioner adalah salah satu produk perawatan rambut yang sangat familiar. Selain shampoo, biasanya beberapa orang selalu menyetok conditioner dan hair mask (masker rambut) di rak kamar mandinya. Belum lagi tambahan hair tonic, vitamin, dan juga hair spray. Untuk merawat kesehatan rambut memang diperlukan perhatian yang ekstra, apalagi kalau kamu termasuk orang yang sering meluruskan, mengeritingkan, atau mewarnai rambut. Nah, banyak orang yang masih salah paham tentang penggunaan conditioner pada rambut. Sebenarnya gimana, sih, cara pakai produk ini yang tepat?

Hanya Aplikasikan pada Batang Rambut

rambut, hair, perawatan rambut, hair care, conditioner, pelembab rambut

Kalau kamu berpikir bahwa memakai conditioner itu harus ke seluruh bagian kepala, termasuk kulit kepala, ini salah kaprah, lho. Produk perawatan rambut ini hanya dipakai pada setengah bagian batang rambut (dari tengah sampai ujung rambut). Ini karena bagian bawah rambut biasanya yang paling kering karena kurang mendpaatkan minyak  Lain halnya dengan keramas, kamu gosok dan pijat perlahan juga bagian kulit kepalamu. Kalau kamu turut mengoleskan produk ini pada kulit kepala, bukan tidak mungkin rambutmu akan jadi lepek dan berketombe.

Karena itu, setelah rambut selesai dikeramas, peras atau tepuk-tepuk rambut menggunakan handuk, baru aplikasikan conditioner. Jangan aplikasikan pada rambut yang masih sangat basah. Tidak harus banyak, cukup pakai secukupnya sampai mengenai seluruh batang rambutmu. Diamkan 3—5 menit lalu bilas, deh.

 

Bilas sampai Benar-Benar Bersih

rambut, hair, perawatan rambut, hair care, conditioner, pelembab rambut

Conditioner memang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi rambut. Setelah mengaplikasikan produk perawatan rambut ini, biasanya rambutmu akan terasa lembut seketika. Namun, kamu juga tidak boleh lupa kalau conditioner tetap berbusa ketika dibilas. Karena itu, kamu harus membilas rambutmu sampai benar-benar bersih. Kalau perlu, bilas ulang rambutmu sampai busanya hilang.

Penting untuk bisa membedakan antara rambut yang lembut dengan rambut yang licin. Kalau kamu masih merasa rambutmu licin, artinya kamu belum benar-benar membilasnya sampai bersih. Kalau ini dibiarkan, bukan cuma rambutmu yang jadi lepek, tapi juga berpengaruh pada kulit punggungmu. Kok, bisa ya? Proses bilas yang tidak maksimal akan meninggalkan residu pada rambut. Residu tersebut juga sangat mungkin menempel pada punggung. Kamu nggak mau, dong, kalau punggungmu jadi berjerawat karena tidak bersih saat membilas conditioner?

Dua poin tersebut sebenarnya sangat sederhana. Kalau kamu selama ini masih kurang tepat saat menggunakan conditioner, yuk dibenahi supaya rambutmu jadi ternutrisi secara maksimal. Tidak ada aturan yang pakem dalam pemilihan conditioner, kok. Kamu bisa membeli produk conditioner instan yang ada di toko-toko atau memakai produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti yang dijual beberapa pegiat UMKM. 

Kalau kamu lebih suka yang kedua, yuk coba mampir ke Aplikasi Titipku. Di Titipku, ada banyak pegiat UMKM yang punya usaha membuat produk perawatan tubuh dari bahan-bahan natural, seperti coconut oil, buah-buahan, sayuran, atau madu. Kamu bisa menemukan beragam produk menarik dengan harga yang terjangkau. Penasaran? Klik di sini sekarang untuk download aplikasinya! Habis download, langsung belanja ya. Nanti pesananmu akan diantar oleh Jatiper Titipku.

Tinggalkan Balasan