Cara Terima Paket yang Aman dari Virus

Pemerintah telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali hingga awal Februari 2021 untuk mencegah sebaran virus COVID-19. Sebagian dari kita tentu ada yang menaati dengan tetap di rumah aja. Tapi, diam di rumah bukan berarti aman loh.

Salah satu ancaman bisa datang dari paket yang kita pesan. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19, Sonny Harry B, mengatakan bahwa paket yang diantar bisa membawa virus jika proses pengemasan dan pengirimannya tidak memenuhi protokol kesehatan.

Maka dari itu, mengutip dari Kompas.com, berikut cara yang bisa dilakukan untuk menghindari potensi terpapar COVID-19 dari paket yang dikirimkan:

 

  • Siapkan Tempat Khusus di Depan Rumah untuk Terima Paket

Tempat khusus untuk menerima paket berguna untuk menghindari kontak dengan kurir pengirim paket. Jika terpaksanya tidak ada tempat dan harus bertemu kurir, tetap lakukan protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan jaga jarak.

  • Buang Wadah Paket yang Tidak Diperlukan

Buang segera kemasan atau bungkus paket setelah diterima. Bungkus paket adalah pelindung barang sekaligus tempat yang mudah untuk ditempeli bakteri. Dengan langsung membuang bungkusnya, kamu telah mengurangi risiko paparan virus di dalam rumah.

  • Semprot Paket dengan Disinfektan

Bersihkan kotak paket dengan cairan disinfektan secara menyeluruh. Diamkan selama beberapa menit lalu isi paket dapat dikeluarkan.

  • Bersihkan Paket Makanan dengan Air Bersih

Untuk paket berisi makanan, jangan semprotkan cairan disinfektan. Cukup bersihkan paket makanan dengan menggunakan air mengalir atau sabun khusus food grade.

  • Masak Paket Makanan Sampai Matang

Jika paket makanan yang datang adalah bahan mentah, pastikan masak bahan masakan tersebut sampai matang. Jika yang datang adalah paket makanan jadi, setidaknya panaskan ulang makanan tersebut dengan suhu minimal 65 derajat celcius selama tiga menit.

  • Cuci Tangan dengan Sabun usai Memegang Paket

Langkah terakhir, selalu cuci tangan setelah memegang paket. Terlebih lagi jika akan mengonsumsi makanan yang dipesan.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa terbebas dari paparan virus yang mungkin menempel di paket. Jadi, jangan takut untuk belanja online lagi ya. Yuk mulai belanja kebutuhan harianmu secara online pakai Titipku. Jangan lupa bersihkan barang yang diantar juga sebelum diolah/dipakai. Klik di sini untuk download aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan