Cegah Gigi Berlubang, Hindari Makanan Berikut

Banyak orang mengabaikan kesehatan mulut, salah satunya adalah kesehatan gigi. Setidaknya, kamu pernah mengalami sakit gigi meskipun hanya sekali. Bayangkan saja, nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi bahkan tidak dapat membuatmu tertidur nyenyak. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi sensitif ataupun berlubang. 

Hal ini disebabkan oleh lapisan enamel gigi yang mulai terkikis akibat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Enamel adalah lapisan terluar gigi yang berfungsi untuk melindungi dan mencegah kerusakan gigi. Untuk tetap menjaga enamel tetap kuat, selain rajin menyikat gigi, kamu juga perlu menghindari atau mengurangi makanan dan minuman berikut:

 

Permen Manis

Kamu pasti sudah pernah melihat gigi anak kecil yang mulai rusak. Biasanya, anak tersebut terlalu suka mengonsumsi makanan manis. Gigi yang rusak akibat permen atau makanan manis, tidak hanya dialami oleh anak kecil saja, tetapi juga orang dewasa. Kandungan gula pada sisa permen atau makanan dapat menempel pada gigi dan mengundang bakteri. 

Bakteri yang tinggal di dalam mulut dapat mengolah gula yang tersisa di mulut sebagai sumber energi. Hasilnya, terbentuklah zat asam yang dapat membuat gigi keropos dan berlubang. 

Buah Asam

Seperti yang disebutkan sebelumnya, asam dapat merusak gigi dengan mengikis lapisan enamel secara perlahan. Kalau kamu penggemar buah masam, sebaiknya kurangi porsi memakan buah tersebut. Buah-buahan seperti jeruk nipis dan lemon dapat mengikis enamel dengan cepat. 

Usahakan setelah mengonsumsi buah-buahan ini, kamu membilas mulut menggunakan air putih. Air putih dapat menetralkan asam yang tersisa di dalam mulut. Minumlah air putih secukupnya sampai mulutmu tidak terasa asam lagi. Jangan lupa untuk menyikat gigi setelahnya.

Minuman Berkabonasi

Wah, ini susah banget ya dihindari. Apalagi ketika cuaca panas, minuman berkabonasi dingin tentu terasa sangat menyegarkan. Sayangnya, soda yang terdapat dalam minuman berkabonasi dapat merusak gigi dengan meninggalkan plak gigi yang malah memproduksi banyak asam. 

Tentunya kamu pernah melihat sebuah video yang mampu membersihkan kerak pada porselain, bukan? Bayangkan saja apa yang dapat dilakukan soda terhadap gigimu. Selain itu, soda juga membuat mulut menjadi kering. Mulut yang kering dapat mengundang bakteri jahat yang dapat merusak gigi. 

Baca Juga: Mitos-Mitos Soda yang Perlu Kamu Ketahui

Es Batu

Beberapa orang gemar menggigit atau mengunyah es batu, biasanya es batu sisa meminum es teh atau minuman dingin lainnya. Mengunyah sesuatu yang keras dan bersuhu ekstem, ternyata juga dapat merusak enamel gigi. Pada kasus ekstrem, gigi dapat terkelupas ataupun patah. Usahakan untuk mengurangi kebiasaan ini ya!

 

Selain menghindari makanan di atas, kamu juga dapat mencegah gigi berlubang dengan makan makanan bergizi lho. Selain menjaga kesehatan gigi, kesehatan tubuh pun sudah pasti terjaga. Supaya lebih mudah, pastinya belanja lewat Titipku #DariRumah. Banyak sayuran dan buah-buahan segar siap diantar ke rumahmu lho! Ada promo ongkir yang berlangsung sepanjang Februari 2021 dan promo spesial Imlek juga yang hanya berlaku pada 10 Februari 2021. Yuk segera unduh Aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan