Dari Sulaman Bisa Jadi Emblem Keren, lho!

Titipku – Kamu suka menyulam? Jangan berhenti begitu saja, ya! Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dengan menyulam. Jika kamu penggemar makrame, bisa jadi kamu memang menyukai kerajinan dengan tali. Selain melatih kepekaan terhadap permainan warna dengan menggunakan benang, menyulam juga dapat menghasilkan emblem yang menarik untuk ditempelkan pada baju, jaket, atau totebag favoritmu. Penasaran? Cobalah tips berikut ini untuk memaksimalkan hasil sulamanmu.

Kecil tapi Detail

Tak perlu menyulam dengan pola gambar berukuran besar. Selain membutuhkan waktu yang lama, hasil sulamanmu juga dirasa terlalu besar jika ingin dijadikan sebagai emblem. Akan lebih baik jika menyulam dengan pola-pola gambar berukuran kecil, kemudian maksimalkan detail gambarnya. Misalnya, pola sulaman bunga matahari dengan diameter 3 cm. Kamu bisa bermain warna pada kelopak bunga matahari dengan ragam benang berwarna kuning muda, kuning tua, sampai jingga. Kamu juga bisa menambahkan sulaman daun pada sisi bunga agar terlihat kian cantik.

Sumber: Unggahan Instagram @patchembroidery

Bermain Warna

Gambar sulaman akan terlihat lebih hidup dengan permainan warna benang. Jika khawatir memilih warna yang salah, cobalah tengok beberapa contoh sulaman di internet. Pilihlah satu gambar yang paling mudah ditiru, misal bunga, daun, atau buah. Setelah itu, kelompokkan koleksi benangmu berdasarkan gradasi warnanya.

Hal ini memungkinkan kamu mempelajari banyak gradasi warna benang untuk dikombinasikan pada sulaman. Jiplak pola gambar yang ingin kamu sulam dengan pulpen pada kain, kemudian mulailah menyulam. Tetap lihat contoh gambar agar sulamanmu menyerupai aslinya.

Kain Belacu 

Sebenarnya semua jenis kain bisa dijadikan sebagai media dalam proses menyulam, seperti katun, mori, linen, atau sutra sekalipun. Namun, jika tujuan akhirnya untuk membuat emblem yang akan dijahitkan pada pakaian atau totebag, jenis kain belacu adalah yang paling cocok. Meskipun lebih tipis dari kain kanvas, kain belacu termasuk kain yang cukup kuat. Kain belacu tidak begitu kaku dan tidak begitu lentur sehingga mudah dijadikan media menyulam. Serat kain belacu juga lebih renggang sehingga mudah ditusuk benang saat proses menyulam.

#dirumahaja

Bagaimana? Tertarik untuk membuat emblem sendiri? Kalau kamu tertarik belajar menyulam emblem tetapi tidak memiliki alat dan bahan yang memadai, kamu bisa mendapatkannya secara daring dengan mudah. Cukup unduh aplikasi Titipku kemudian kamu bisa berselancar mencari alat dan bahan untuk menyulam #DariRumah.

Kamu juga bisa mendapatkan contoh emblem yang sudah jadi sebagai referensimu. Tak perlu khawatir, pesananmu akan diantarkan langsung sampai depan rumah, kok. Yuk, berbelanja di Titipku sekarang!

 

Tinggalkan Balasan