Dehidrasi? Konsumsi 10 Buah Ini untuk Atasi Dehidrasi

dehidrasi, atasi dehidrasi, konsumsi buah, konsumsi buah ini

dehidrasi, atasi dehidrasi

Tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi adalah kondisi yang cukup membahayakan. Sebab, banyak penyakit yang akan muncul yang berawal dari pengabaian kita akan dehidrasi. Oleh sebab itu, sekalinya kita merasakan ada tanda-tanda dehidrasi, segera rehidrasi cairan tubuh dengan minum air putih.

Namun, sebenarnya selain minum air putih, kita juga bisa merehidrasi tubuh dengan buah-buahan yang mengandung banyak mineral loh. Melansir dari Hellosehat.com, berikut daftar buah-buahan yang bisa mengatasi dehidrasi tubuh.

 

  1. Semangka

Sekitar 91 – 92% bobot semangka terdiri atas air. Ini berarti ketika Anda mengonsumsi satu potong besar buah semangka seberat 200 gram, Anda akan memperoleh asupan cairan sebanyak 182 – 184 mililiter (ml) yang hampir setara dengan segelas air. Cairan yang Anda dapatkan dari semangka juga bukanlah sekadar air, tetapi juga vitamin A, vitamin C, mineral, dan antioksidan.

  1. Melon

Ketika Anda makan dua potong melon seberat 200 gram, Anda bisa mendapatkan air sebanyak 180 mL. Melon juga mengandung karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, serat, serta mineral berupa kalium, kalsium, dan fosfor. Kandungan gula alami buah ini cukup tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya, tapi jumlah kalori totalnya tetap rendah.

  1. Stroberi

Buah stroberi bisa menghilangkan dahaga karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Buah stroberi mengandung 91% air ditambah vitamin C, mineral mangan, dan ragam antioksidan. Kandungan air pada stroberi dapat mencegah dehidrasi. Sementara antioksidan mengurangi peradangan tubuh. Berkurangnya peradangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, berbagai jenis kanker, hingga penyakit Alzheimer.

  1. Jeruk Manis

Kandungan air dalam jeruk manis bisa mencapai 87% dari bobot totalnya. Selain itu, jeruk mengandung banyak serat. Kandungan serat ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan. Inilah mengapa jeruk kerap menjadi teman diet yang andal.

  1. Jeruk Bali

Jeruk bali mengandung 88 – 90% air serta berbagai vitamin. Selain mencegah dehidrasi, makan jeruk bali membantu menjaga berat badan, menstabilkan gula darah, membakar lemak, serta menjaga tekanan darah.

  1. Nanas

Buah nanas, selain mengandung banyak mineral, juga menjadi sumber dari karbohidrat serta mineral khususnya kalium, fosfor, dan kalium. Selain membantu penuhi kebutuhan cairan, nanas juga memiliki ciri khas dengan adanya enzim bromelain. Enzim ini memiliki efek antiradang dan mampu meredakan nyeri. Pada beberapa kasus, bromelain bahkan bisa meredakan keluhan sinusitis.

  1. Mentimun

Mentimun mengandung sekitar 95 – 96,7% air dengan vitamin C, vitamin K, kalium, dan fitonutrien (zat kimia alami tumbuhan) berupa asam kafeat. Makan mentimun tidak hanya membantu mencegah dehidrasi loh. Kandungan antioksidan pada buah ini juga mampu mencegah dan mengurangi iritasi. Ini sebabnya mentimun sering digunakan untuk meredakan mata bengkak dan iritasi sengatan matahari.

  1. Tomat

Tomat mengandung 94% air, vitamin A, C, K, serta antioksidan yang sebagian besarnya berupa likopen. Tomat juga merupakan sumber serat, karbohidrat, gula alami, dan protein dalam jumlah kecil. Buah tomat dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan, tapi manfaatnya tidak berhenti di situ saja. Sebuah penelitian dalam European Journal of Public Health menemukan bahwa likopen berpotensi menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

  1. Belimbing

Buah belimbing merupakan sumber cairan dan berbagai zat gizi, khususnya vitamin C dan serat. Selain itu, belimbing juga mengandung protein, vitamin C, vitamin B5, folat, serta mineral seperti kalium, magnesium, dan tembaga. Secara umum, makan belimbing bermanfaat dalam mencegah dehidrasi. Namun, Anda mungkin perlu menghindari buah ini apabila mengalami penyakit ginjal. Pasalnya, belimbing mengandung asam oksalat yang bisa membahayakan ginjal.

  1. Blewah

Bukan tanpa alasan buah blewah sering menjadi bahan utama dalam es buah untuk berbuka puasa. Buah menyegarkan ini mengandung 90% air yang dapat menghilangkan dahaga dan membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda setiap hari. Blewah juga merupakan sumber yang baik dari beta karoten, serat, dan kalium. Beta karoten akan menjadi vitamin A dalam tubuh Anda, serat membuat Anda kenyang lebih lama, dan kalium menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda.

*****

Nah, banyak banget kan pilihan buah yang bisa membantu rehidrasi tubuh? Untungnya lagi, buah-buah di atas itu bisa dengan mudah ditemui di pasar. Nah, bagi Anda yang ingin belanja buah-buahan di atas, bisa banget nih beli di pasar terdekat pakai aplikasi Titipku. Lewat aplikasi ini, Anda tinggal pesan via aplikasi, bayar, lalu tunggu kurir Titipku yang bernama Jatiper datang mengantarkan pesanan buah Anda. Praktis banget kan Moms?? Yuk download Titipku sekarang!

 

 

PROMO DAN GIVEAWAY SPESIAL HUT TITIPKU

timun, cucumber, olahan timun, olahan timun segar, iphone12, iphone 12, HUT Titipku, titipku, ulang tahun titipku, birthday sale

Nikmati Banyak Promo Menarik & Menangkan Giveaway IPHONE 12 serta Puluhan Voucher Belanja dengan Total 5 Juta Rupiah! ✨

Birthday Promo 14-16 Oktober 2021 :

  • Gratis Ongkir 100%
  • Cashback & Diskon Produk hingga Rp 140.000,-
  • Tebus Murah Ayam 1 Ekor cuma Rp 14.000,-

Mau dapet Iphone 12 & Voucher Belanja Total 5 Juta Rupiah? 😍

Periode : 14-31 Oktober 2021

  • Posting hasil belanja kamu di Titipku ke story instagram
  • Mention @Titipkuofficial serta 3 teman kamu
  • Pastikan kamu sudah follow Titipku dan Instagram kamu tidak di private ya
  • Comment : #HappyBirthdayTitipku #MauIphone12 dan harapan kamu untuk Titipku di posting Feeds Giveaway @titipkuofficial, jangan lupa tag juga 3 orang teman kamu ya!

Yuk 5EGERA belanja di Titipku dan Menangkan Giveaway Iphone 12 nya 😍

🥬 SEgar Produknya
⚡ GErak Cepat Pengantarannya
💁‍♀️ RAmah Jatipernya

 

timun, cucumber, olahan timun, olahan timun segar, iphone12, iphone 12, HUT Titipku, titipku, ulang tahun titipku, birthday sale

Tinggalkan Balasan