DERETAN JENIS BUMBU DAPUR YANG WAJIB ADA!

Titipku – Makanan Indonesia dikenal dengan bumbunya yang kaya akan kandungan rempahnya. Sebab, Indonesia memiliki kekayaan berlimpah dengan berbagai macam jenis rempah-rempahnya.

Untuk membuat soto saja misalkan, ada banyak jenis rempah yang digunakan di dalamnya untuk menghasilkan rasa yang enak. Tak hanya enak, masakan Indonesia pun juga menyehatkan karena banyak menggunakan berbagai macam rempah.

Nah, apa aja sih rempah atau bumbu dapur yang wajib tersedia? Ini listnya:

Ketumbar

Ketumbar ini bisa dijumpai dalam bentuk bubuk dan biji. Keduanya sama manfaat maupun fungsinya. Kalau mau praktis, tentunya beli yang bubuk. Tapi ada yang masih mau menggunakan bentuk biji karena dianggap lebih wangi.

Dalam masakan seperti soto, sop, maupun rendang, bumbu dapur ketumbar suka ditambahkan untuk menambah wangi dan rasa. Selain itu, manfaat dari ketumbar ini juga untuk kesehatan pencernaan. Sekarang sudah ada bubuk ketumbar untuk penggunaan yang lebih praktis lagi, jadi tidak perlu
menggerus biji ketumbar dulu sebelum memasak.

Pala

Bumbu Dapur Pala memiliki bau dan rasa yang khas yang sulit digantikan oleh rempah lain. Dulu bangsa Eropa menjajah Indonesia karena mau menguasai hasil bumi di Indonesia termasuk rempah pala ini.

Bentuk pala yang fresh bulat, harus dipotong ditengahnya, digeprek atau diparut dan dimasukkan ke dalam masakan. Untuk praktisnya bisa memakai pala dalam bentuk bubuk. Hasil masakan akan terasa sama.

Daun Jeruk

Daun Jeruk bumbu dapurDaun jeruk digunakan pada masakan Indonesia untuk memberi rasa harum segar dan menghilangkan bau amis pada masakan seperti ikan, daging. Cara memakainya hanya dengan
merobek-robek daunnya dan masukkan ke dalam masakan.

Asam jawa

Asam jawa banyak dipakai untuk memberikan rasa asam yang menyegarkan di dalam sayur asem, masakan sup, atau semur.

Biasanya dijual dalam kemasan plastik dan berbentuk kotak. Cara pemakaiannya ambil sesuai yang dibutuhkan diremas-remas dengan air hangat sampai daging asamnya lepas dari bijinya.

Jahe (Ginger)

Jahe di Indonesia ada jahe merah dan jahe biasa yang dipakai pada masakan. Jahe merah dipakai untuk pengobatan penyakit secara tradisional. Kedua jenis jahe ini bisa dengan mudah diperoleh di pasar-pasar tradisional maupun pasar swalayan. Aroma jahe lebih keluar lagi jika digeprek dulu sebelum dimasak. Jahe merah rasanya lebih kuat daripada jahe biasa, terasa lebih pedas dan hangat.

Jahe pada masakan untuk mengurangi bau amis pada daging ataupun ikan dan menambah citarasa masakannya.

Untuk penggunaan praktis, sudah ada jahe bubuk yang bisa dibeli di pasar tradisional maupun keluaran pabrik besar.

#dirumahaja

Kamu bisa melindungi diri lebih maksimal dari virus corona dengan berbelanja melalui aplikasi Titipku. Jelajahi berbagai macam produk buatan UMKM Indonesia dan juga produk sehari-hari di Titipku. Belanja mudah dan aman melalui Titipku.

Tinggalkan Balasan