Dukung UMKM Indonesia Lawan Corona!

Titipku – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pendongkrak perekonomian masyarakat. Berbagai jenis usaha yang dirintis oleh pelaku usaha kini tengah berada dalam masalah akibat dampak pandemi COVID-19. Mau tidak mau, beberapa UMKM tetap mengusahakan agar tetap terus beroperasi agar kebutuhan masyarakat tetap tercukupi. Disisi lain, beberapa UMKM juga terancam tutup karena pembatasan sosial yang saat ini diterapkan. Akibatnya, omzet yang diperolehpun menurun dan penjualan menjadi sepi. 

Tidak semua UMKM yang ada di Indonesia berada pada taraf menengah keatas. Beberapa pelaku UMKM memerlukan sentuhan agar tetap dapat beroperasi di tengah pandemi. Seperti halnya yang tengah dialami Pak Karimun. Seorang penjual mie ayam gerobag yang ada di Jakarta Barat. Beliau merantau dari Jawa Tengah dan berjuang untuk istri dan ketiga anaknya dengan menjadi penjual mie ayam. Saat ini Pak Karimun masih tetap beroperasi. Namun omzetnya hanya tersisa 10% dari biasanya. Hal itulah yang menyebabkan beliau terkendala dalam melanjutkan usahanya.

Corona telah membawa dampak pada pelaku UMKM di Indonesia. Ada puluhan juta pelaku UMKM yang kesulitan dalam menjalankan usahanya seperti halnya Pak Karimun. Sayangnya, Pak Karimun dan beberapa UMKM lain tidak masuk dalam daftar penerima bantuan dari pemerintah. Sementara itu, mereka harus tetap memenuhi kebutuhan hidupnya di tengah situasi sulit ini. 

Kontribusi UMKM

UMKM memiliki kontribusi yang baik terhadap perekonomian Indonesia. Dilansir dalam kompas.com, selain dapat memperluas kesempatan kerja dan menyerap tenaga kerja, UMKM juga berkontribusi sebagai pembentuk Produk Domestik Bruto (PDP). Disi lain, UMKM juga berperan sebagai penyedia jaringan pengaman bagi bagi masyarakat yang berpendapatan rendah untuk terus menjalan ekonomi produktif. Untuk itu, pelaku UMKM di Indonesia harus tetap berjuang agar dapat bertahan di tengah pandemi. 

Titipku berkolaborasi dengan Kitabisa mengadakan Donasi 10.000 Paket Sembako untuk UMKM dan keluarga kurang mampu di Indonesia. Mari bersama saling membantu saudara kita yang sedang terhimpit perekonomiannya. Bantu donasi dengan klik  https://kitabisa.com/titipkulawancorona?utm_source=socialsharing_campaigner_web_b95a8bbf59c20f31043ddcd39d9fe522&utm_medium=share_campaign&utm_campaign=share_detail_campaign 

Bersama-sama, kita berjuang melawan Corona. Dukung UMKM Indonesia lawan Corona!

Tinggalkan Balasan