Walau Bermanfaat, Lidah Buaya Punya Efek Samping Ini Loh!

Titipku.com – Lidah buaya merupakan salah satu bahan yang dikatakan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan lidah buaya sudah banyak diolah menjadi aneka produk kecantikan.

Dilansir melalui sehatq.com lidah buaya memiliki manfaat untuk mengobati jerawat, melembabkan kulit, mencegah keriput, dan lain sebagainya. Dari sederet manfaat tersebut sehingga banyak produk kecantikan yang mengeluarkan varian lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Namun, ternyata lidah buaya memiliki efek samping lho. Efek berbahaya lidah buaya muncul ketika menggunakan baik dioleskan maupun dikonsumsi.

Dikutip dari kesehatan.kontan.id , berikut efek samping lidah buaya:

  1. Alergi kulit

Sering menggunakan gel lidah buaya dapat menyebabkan alergi kulit seperti gatal-gatal dan peradangan. Ini juga bisa menyebabkan kemerahan pada kelopak mata. Efek lain pada kulit termasuk ruam dan iritasi.

  1. Diabetes

Lidah buaya memiliki efek laksatif yang dapat meningkatkan kemungkinan dehidrasi atau ketidakseimbangan elektrolit pada orang yang menderita diabetes.

  1. Sembelit

Meski lidah buaya dipercaya membantu mengobati sembelit tapi ini belum terbukti. Menurut University of Maryland Medical Center, gel lidah buaya atau lateks dapat menyebabkan kram perut yang menyakitkan dan kemungkinan sembelit karena sifat laksatifnya yang kuat.

  1. Gagal ginjal

Dalam beberapa kasus, gel lidah buaya menyebabkan cedera ginjal serius yang bahkan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, orang yang menderita masalah ginjal tidak boleh mengonsumsi lidah buaya.

  1. Toksisitas hati

Konsumsi tinggi lidah buaya, menurut penelitian, dapat menyebabkan peradangan hati. Senyawa bioaktif dalam lidah buaya dapat mengganggu proses detoksifikasi hati, sehingga menyebabkan komplikasi pada orang yang sensitif.

  1. Kelemahan otot

Sebuah studi mencatat bahwa kelemahan otot sebagai salah satu efek samping yang umum dari mengonsumsi lidah buaya.

  1. Ketidaknyamanan perut

Meski lidah buaya dapat membantu meredakan kembung, tapi juga menyebabkan kram perut dan risiko muntah jika dikonsumsi.

 

Nah maka dari itu penggunaan lidah buaya perlu diperhatikan dengan seksama. Meskipun memiliki sederet efek samping, jika penggunaan lidah buaya tepat maka hal itu tidak akan terjadi. Oleh sebab itu, pastikan kamu aman dan bisa mengonsumsi atau memakai produk lidah buaya ya sebelum membeli produk lidah buaya.

Bagaimanapun, lidah buaya tetap berguna bagi tubuh dan dibutuhkan. Kamu bisa membeli produk-produk berbahan lidah buaya melalui Titipku. Kamu akan dapat berbagai kemudahan dan penawaran menarik jika berbelanja melalui Titipku. Salah satunya, ada promo potongan ongkir yang bakal buat biaya ongkir lebih murah.

Download di sini ya!

Tinggalkan Balasan