3 Elemen Kreativitas UKM Sukses Yang Harus Pebisnis Tahu

www.titipku.com – Kreativitas salah satu unsur penting dalam sebuah usaha. Memang, menjadi kreatif itu absolute. Namun, pada bagian mana seorang pengusaha UKM sukses harus berpikir kreatif? Bagaimana kreativtias UKM itu sebenarnya?

elemen kreativitas ukm titipku
Elemen Kreativtias UKM design by Titipku

Ada tiga elemen utama dalam proses pengembangan bisnis, yang mana perlu berpikir dengan kreatif secara maksimal. Namun ketiga bagian tersebut merupakan Paket (product/produk dan price/harga), Akses Produk (place/distribusi dan promosi) dan Penawaran Produk (selling).

Paket Penawaran (product/harga)

Untuk bagian ini Anda perlu menyusun sebuah paket penawaran secara kreatif yang mana paket penawaran secara creative yang terdiri dari produk/harga. Kedua hal ini perlu diintregasikan agar mampu menjadi sebuah penawaran yang menarik. Anda juga perlu memahami secara luas bauran dari produk yaitu product design, produt variety, product quality, product feature, packaging, dan lainnya.

Elemen price juga menjadi hal yang tidak kalah pennting. Bagian ini Anda juga perlu memahami aspek yang dapat Anda kembangkan secara kreatif untuk membuat penawaran harga menarik.

Akses Produk (distribusi dan promosi)

Elemen penting di bagian ini adalah distribusi dan promosi. Keduanya saling melengkapi dan Anda tidak bisa menghiraukan salah satunya. Keduanya perlu iinteregasikan supaya produk Anda dapat sampai ke tangan konsumen secara maksimal.

Banyak pengusaha yang salah menganggap bahwa promosi sebagai elemen terpentingnya. Padahal dalam konsep bauran pemasaran, promosi merupakan elemen terakhir. Secara khusus pada bagian akses produk. Taktik promosi ini didesain dengan konsep distribusi terancang dengan tepat karena akan percuma jika telah melakukan promosi secara besar-besaran namun konsumen kesulitan mendapatkan produk Anda.

Menawarkan Produk (selling)

Pada hakikatnya penjualan adalah uncur terpenting dalam sebuah bisnis. Namun sayang, masih ada banyak pengusaha yang kurang kreatif dalam menyusun stategi penjualan yang ada biasa dilakukan oleh orang lain. Padahal jika mampu menciptakan kreativitas maksimal dampaknya akan terasa pada omzet usaha Anda.

Apakah Anda sudah memenuhi tiga unsur atau elemen tersebut di dalam usaha Anda? Bagi pemilik UMKM Jogja, UMKM Semarang, UMKM Jateng, dan seluruh nusantara, sudah saatnya mengembangkan tiga unsur kreatif ini untuk usaha Anda di era digital. Untuk memudahkan pemasarannya, Anda bisa masuk ke Aplikasi Titipku untuk mengenalkan produk UMKM Anda. 🙂

[Baca Lagi Ya: 4 Langkah Berbisnis Kurang Dari Sebulan]

Source: Rinaldo, dkk. 2017. Peta Jalan UKM 4.0 Profesional, Produktif, Kreatif dan Entrepeneurial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan