Ternyata Begini Fakta Air Lemon yang Orang Sangka Membuat Maag

manfaat lemon, manfaat air lemon, khasiat air lemon

Titipku.com  – Kamu punya maag (gastritis)? Hmmm pasti sangat tersiksa kalau si dia sudah kambuh. Beruntungnya, gastritis atau sakit maag adalah penyakit yang bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Biasanya bagi pemilik penyakit maag sangat dianjurkan untuk jaga pola makan seimbang daan menghindari jenis makanan dan minuman khusus seperti makanan dan minuman yang bersifat asam seperti lemon.

Akhir-akhir ini penelitian menyangkal pendapat tersebut dengan menguak fakta bahwa jenis asam tertentu malah justru membantu lambung mengalmi peradangan supaya lebih cepat pulih kembali. Lemon yang semula dianggap sebagai musuh bagi lambung yang sedang bermasalah justru jadi solusi aman.

Kandungan Asam Askorbat dan Sifat Basa pada Lemon

Sebelumnya, kamu juga perlu tahu dulu nih buah lemon yang kaya kandungan asam askorbat dan alkkali yang berguna bagi proses penyembuhan gastritis. Asam askorbat merupakan senyawa kimia yang juga dikenal sebagai vitamin C. Berbeda dengan asam sitrat, bahan aditif banyak ditemui pada produk makanan dan minuman olahan. Asam askorbat merupakan asam alamiah yang didapat dari buah-buahan sperti leemon, jeruk, serta kiwi.

Selain asam askorbat, lemon juga menambah mineral alkali dalam tubuh karena sifat basa. Sebelum dicerna tubuh, lemon memang tergolong asam karena mempunyai kandunga pH di bawah 7. Akan tetapi, lemon yang telah dicerna dan masuk ke dalam aliran darah bisa berubah sidat menjadi pH di atas 7. Makanya tenang saja, lemon tidak akan menjadi asam yang berbahaya bagi struktur sel dalam tubuh.

manfaat lemon, manfaat air lemon, khasiat air lemon
Instagram : sarilemonlembang

Air Lemon untuk Mengatasi Maag

menurut penelitian dari jurnal ilmiah Digestive Diseases and Sciences yang dikutip dari hellosehat.com, asam askorbat dalam lemon menjadi penting karena kemampuannya menyembuhkan luka akibat peradangan.

Lebih lanjut, penelitian ini menjabarkan bahwa asam askorbat menyimpan zat fitronutrien yang berfungsi untuk lawan bakteri H. pylorii yakni bakteri yang sebabkan infeksi pada dindin mukosa lambung. Zat ini juga membuat lemon mempunyai sidat antivirus dan antibakteri.

Senyawa yang dimiliki lemon juga memicu produksi mukus atau lendis yang mempunyai tugas untuk lindungi lambung dengan cara menyeimbangkan asam klorida (HCl) yang lebih sering disebut asam lambung. Lambung dengan asam klorida yang terlampau banyak akan berisiko mengalami luka atau peradangan. Maka mukus akan sangat bermaanfaat untuk menetralkan asam dan lambung.

Ketika gastritis menyerang, biasanya kamu akan kesulitan mencerna makanan dan bisa-bisa makanan dimuntahkan kembali karena mual. Sifat basa lemon berkhasiat untuk mempercepat proses pencernaan makanan masuk ke dalam lambung sehingga bisa bekerja lebih baik untuk memproses makanan.

Cara Membuat Air Lemon

Lemon mempunyai khasiat baik bagi lmbung dengan gastritis. Kamu juga bisa mencoba terapi minum air hangt dengan perasa lemon setiap pagi. Apabila dikonsumsi rutin, kamu akan merasakan manfaat yakni nyeri lambung dan mual bisa mereda. beberapa kasus melaporkan, saat sakit maag kumat, rasa perih tidak separah sebelum memulai terapi dengan air lemon.

Membuat air lemon juga sangat mudah dan cepat. Siapkan satu buah lemon dan potong setengah atau seperempat. Peras sari dan campurkan satu gelas air putih hangat. Kamu juga bisa langsung meminum air perasan lemon ini dengan menambahkan satu sendok madu supaya lebih terasa manis. Minum air lemon setiap bagun pagi sebelum memulai aktivtias atau berolahraga.

Jadi masih takut sama lemon? 🙂

manfaat lemon, manfaat air lemon, khasiat air lemon
Instagram via @yellowbliss

Yuk Beli Bahan-Bahan Masak dari Pasar!

Hai hai!! Kamu bisa beli lemon dan rasakan manfaat lemon yang bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Ternyata Begini Fakta Air Lemon yang Orang Sangka Membuat Maag”

Tinggalkan Balasan