Fakta Menarik Seputar Hari Kasih Sayang

Bulan Februari sering disebut juga sebagai bulan kasih sayang. Hal ini dikarenakan ada Hari Valentine yang biasanya dirayakan tiap 14 Februari. Hari ini biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk mengungkapkan perasaan mereka ke orang yang disayangi, atau sekadar menghabiskan waktu bersama orang yang dicintai.

Tapi tahukah kamu, tradisi Valentine ini sudah ada sejak beberapa abad yang lalu! Nggak percaya? Simak fakta seputar Valentine berikut ini:

 

Valentine Sudah Dirayakan Sejak Abad ke-17

Perayaan Valentine atau hari kasih sayang sudah dimulai sejak abad ke-17 dengan cara bertukar uang koin atau surat yang berisi ungkapan rasa cinta. Tulisan di surat waktu itu ditulis dengan tangan, dan tradisi ini masih dijaga sampai sekarang.

Berasal dari Kisah Santo Valentinus

Valentine biasa dihubungkan dengan Uskup Terni (dekat Roma), Santo Valentinus. Valentinus menentang aturan kaisar yang melarang pernikahan muda. Ia pun dipenjara dan dapat hukuman mati. Karena Valentinus saat dipenjara bisa menyembuhkan kebutaan anak kepala penjara, sang kepala penjara membalas jasa dengan membantu mengirimkan surat dari Valentinus ke anak-anak muda di Roma. Dalam surat terakhir sebelum eksekusi, Valentinus menuliskan kalimat: “From your Valentine,” yang kemudian terkenal hingga saat ini.

Cokelat dan Valentine

Richard Cadbury adalah orang pertama yang menggagas hadiah sekotak cokelat untuk diberikan ke orang yang disayangi pada 1868.

Simbol Hati di Hari Valentine

Simbol hati yang dikenal saat ini diperkenalkan oleh seniman Perancis dan Italia pada abad ke-14 sebagai representasi ungkapan rasa terima kasih. Namun, seiring perkembangan zaman, maknanya berkembang menjadi simbol cinta.

Bunga Mawar Sebagai Simbol Cinta

Bunga mawar adalah bunga favorit Dewi cinta, Venus. Sehingga, banyak orang memaknai bunga mawar sebagai simbol cinta yang menggebu-gebu.

Produsen Kartu Ucapan Valentine Pertama

Esther Howland adalah orang yang pertama kali menciptakan kartu ucapan Valentine dengan desain menarik dan berisi ucapan yang manis.

Perayaan Valentine di Seluruh Dunia

Valentine dirayakan secara berbeda-beda di seluruh dunia. Misalnya di Jepang, ada tradisi perempuan akan memberikan sekotak cokelat kepada pria yang disukainya. Lalu di Slovenia, mereka justru menggarap kebun anggur dan ladang mereka di Hari Valentine, karena mereka percaya Santo Valentinus adalah orang kudus yang berperan penting di musim semi.

 

Dalam rangka menyambut Hari Valentine yang sebentar lagi tiba, Titipku ingin memberikan potongan harga untuk kamu yang ingin memberi cokelat ke orang tercinta. Diskon pembelian cokelat berlaku khusus untuk pembelian di Diamond Supermarket Jakarta Utara. Ada beberapa pilihan cokelat yang bisa kamu pilih. Ayo download aplikasi Titipku sekarang dan mulai belanja cokelat untuk orang tercinta.

Sumber: https://kumparan.com/kumparanstyle/7-fakta-menarik-seputar-hari-valentine-1550103562386927066/full

Tinggalkan Balasan