Grebeg Pasar Jogja, Uniknya Tradisi Untuk Eksistensi

grebeg pasar, grebeg pasar jogja, grebek pasar jogja, grebek pasar beringharjo,

Titipku.com – Dalam memperingati HUT Kota Jogja yang ke-262, sebanyak 30 pasukan dari paguyban pasar tradisional Jogja mengikuti acara Grebeg Pasar pada hari Sabtu 20/10/2018.

Melansir dari harianjogja.com, grebeg dimulai dari pukul 13.30 WIB. Start awal dari Pasar Beringharjo sampai Pasar Ngasem. Seluruh kontingen paguyuban pasar tersebut memberikan kemeriahan dengan membawa gunungan untuk dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma. Isinya pun beragam. Gunungan setiap pasar mempunyai keunikan tersendiri. Umumnya mereka menata hasil bumi dan barang dagangan yang biasa dijual di pasar.

grebeg pasar, grebeg pasar jogja, grebek pasar jogja, grebek pasar beringharjo,
grebeg pasar Jogja 2018. Dokumentasi Titipku

Banyak yang menarik dari adanya grebeg pasar ini selain dari gunungan yang menggunung dengan rupa-rupa bahan pangan. Busana yang mereka kenakan benar-benar ‘nyentrik’ dan warna warni. Riasannya juga sangat menyesuaikan dan menunjukkan arti seni itu sendiri. Tidak hanya jalan, banyak dari pasukan juga menunjukkan bakat kekompakannya dengan tarian-tarian melalui koreografi sederhana. Jangan salah, bukan hanya bapak-bapak atau ibu-ibu saja. Anak-anak juga ikut memeriahkan dengan gaya mereka sendiri.

Menurut kepala Bidang Penataan Pengembangan dan Pendapatan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Benedik Cahyo, grebeg pasar ini diadakkan dalam rangka memperingati HUT Kota Jogja yang ke 262. Selain itu, juga sebagai bentuk ekspresi dari pedagang pasar untuk ungkapan terima kasih mereka terhadap kota Jogja yang telah memberi kesempatan atau ruang untuk menunjukkan eksistensi pasar tradisional memang masih ada.

grebeg pasar jogja, grebeg pasar, pasar tradisional jogja, acara pasar di jogja,
dokumentasi Titipku

Dari antusias pengunjung di pasar Ngasem, berebut gunungan sendiri menjadi bagian dari mencari berkah dan memberikan apresiasi kepada pedagang pasar untuk keberkahan hasil jualannya.

Adapun harapan dari adanya Grebeg Pasar ini adalah masyarakat luas bisa tahu, bahwa pasar tradisional masih tetap menunjukkan eksistensinya di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Biar Pasar Semakin Eksis, Yuk Belanja dari Pasar!

Yuk bantu eksistensi mereka dengan membeli bahan-bahan masakanmu dari pasar. Repot belanja ke pasar? Beli aja melalui Titipku. Kamu tunggu di rumah, biar Titipku yang belanja!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan