5 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Selain Tiket

hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik lebaran, tips mudik aman, tips mudik lebaran,

Titipku – Tanpa disadari, hari raya Idul Fitri atau lebaran sudah menanti 2 pekan lagi dari sekarang. Dan seperti biasanya, di berbagai negara dengan penduduk muslim terbesar, seperti Indonesia, hari raya Idul Fitri adalah hari raya yang besar. Bahkan gaung semarak hari raya ini juga sudah terdengar dari jauh hari.

Kamu juga tentu ingat bahwa beberapa bulan lalu, ada begitu banyak orang yang bberjuang mendapatkan tiket mudik lebaran. Bahkan calon pemudik juga rela begadang di depan layar komputer untuk memastikan tiket mereka telah aman.

Momen hari raya Idul Fitri ini juga tidak terlepas dari kata mudik. Alasannya tidak lain adalah bahwa Indonesia itu luas, banyak perantau dari rumah. Nah kalau soal mudik, pasti kamu juga perlu mempersiapkannya dengan matang bukan? Apa saja yang hal penting yang harus dipersiapkan sebelum mudik lebaran?

1. Siapkan Fisik dan Mental

Hal penting yang harus dipersiapkan sebelum mudik yang pertama adalah fisik dan mental. Perjalanan mudik melalui jalur apapun harus dipersiapkan dengan fisik prima dan mental kuat. Harus sabar karena semuanya rindu kampung halaman. Seperti yang kita tahu bahwa mudik lebaran itu pasti padat. Bukan hanya soal keselamatan, kalau kamu tidak siap mental dan disik, stamina pun akan segera habis.

2. Perhatikan Barang Bawaan

Mudik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umu, yang namanya barang bawaan menjadi faktor penentu yang harus diperhatikan. Selain tidak nyaman, membawa barang bawaan yang tidak perlu bisa menghambat pergerakan kamu selama perjalanan pulang. Sementara itu, membawa barang berlebihan juga mengganggu orang lain, loh. Maka dari itu, sbeelum berangkat mudik, ada baiknya perhatikan barang bawaan. Bawa barang yang penting-penting saja.

3. Kelayakan Kendaraan

Pergi mudik ke kampung halaman pasti erat kaitannya sama kelayakan kendaraan. Terutama bagi kamu yang hendak mudik dengan kendaraan pribadi. Maka untuk kamu yang hendak mudik dengan kendaraan pribadi inilah hal penting yang harus dipersiapkan sebelum mudik, ada baiknya perhatikan tingkat kelayakan kendaraan seperti kualitas rem, mesin, karburator, dan lainnya. Percaya deh, mogok di tengah kemacetan arus mudik itu nggak seru. Apalgi macetnya di tengah kampung.

4. Kebutuhan Logistik

Nah tiket mudik sudah di tangan. Hati tenang untuk perjalanan mudik tahun ini. Namun lama waktu perjalanan pasti akan membuatmu cukup bosan dan pasti lapar! Oleh akrena itu kebutuhan logistik seperti camilan dan makanan harus kamu perhatikan supaya anti kelaparan di tengah perjalanan. Kalau kamu sedang puasa pada saat mudik lebaran maka pastikan sahur kamu berkualitas.

5. Uang Tambahan

Dalam apapun, termasuk perjalanan mudik, persiapan rencana cadangan bukanlah sesuatu yang berlebihan. Buka pula sesuatu yang aneh bahwa bukankah ada banyak hal yang sering terjadi diluar kendali. Dengan membawa uang tambahan setidaknya cukup membantu kamu dalam keadaaan darurat. Misalnya saat kamu kehabisan bensin di jalan, kamu butuh membeli sesuatu di tempat yang tidak bisa menerima transaksi digital. Hanya untuk jaga-jaga maka tidak perlu berlebihan.

Hallo sobat Ntip, bagaimana persiapan mudik lebaran kamu? Semoga lancar dan hal penting yang harus diperhatikan sebelum mudik lebaran ini bermanfaat ya!

Sumber: blog.tiket.com

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan