Hasilkan Rupiah Saat Kuliah, Bisa Coba Peluang Bisnis Sampingan Ini

usaha sampingan titipku

www.titipku.com – Mahasiswa milenial sudah banyak yang berpikir untuk menambah hasil penghasilan mereka. Namun tidak sedikit yang masih ragu karena takut akan membuat kendala perkuliahannya. Sebenarnya menambah penghasilan bukan hanya bisa kerja part-time, namun juga bisa mengasah skill wirausaha untuk modal tambahan saat lulus kuliah kelak. Nah untuk kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan dalam bentuk uang jajan bulanan atau tabungan masa depan, kamu bisa memulai sebuah bisnis sampingan yang bisa dijalankan dan tidak mengganggu perkuliahan.

Berbicara mengenai bisnis, mungkin sebagian besar mahasiswa akan langsung menuju pada resiko rugi, modal besar, masalh bagi waktu, dan masih ada banyak lagi alasan lainnya. Padahal tidak serta mert peluang bisnis sampingan harus mengeluarkan modal besar. Simak alasannya sebagai berikut.

Bidik Target Pasar

Ini langkah pertama yang bisa kamu ambil untuk tujuan awal kamu membuka bisnis. Siapa yang akan kamu bidik? Pertanyaan ini tentu akan menentukan jenis usaha yang sesuai. Salah satunya adalah memanfaatkan daerah asal atau domisili kamu sekarang.

Seperti yang sudah diketahui  bersama, banyak mahasiswa merupakan perantauan dari berbagai penjuru. Kamu bisa memulai usahamu untuk memperkenalkan makanan khas, budaya atau produk souvenir oleh-oleh has daerahmu ke teman-teman kuliah.

Siapkan Kebutuhannya

Lakukan survey untuk mencari potensi produk daerah yang bisa diangkat ke pasar nasional. kira-kira produk apa saja yang paling banyak dicari para wisatawan yang berkunjung ke daerahmu. Misalnya saja seperti aksesoris atau souvenir, kaos, makanan khas, serta yang lainnya.

Berikutnya kami prioritaskan pemilihan produk yyang tahan lama. Karena sebagai mahasiswa tentu waktu luangmu masih terbatas, sehingga produk yang memiliki masa kadaluarsa cukup lama bisa menjadi pilihan terbaikmu. Misal jika bisnis makanan, kamu bisa memilih camilan, kopi, atau dibidang fashion kamu bisa jual hijab, aksesoris, baju, dan lainnya.

Lalu kamu bisa pilih produk yang sesuai dengan daya beli target pasarmu. Jika target pasarmu mahasiswa maka sebaiknya pilih produk yang haraga jualnya masih bersahabat di kantong mahasiswa pula.

Selanjutnya untuk menghemat modal kamu bisa membeli beberapa sampel produk lalu ambil foto untuk jadi katalog promosi. Dengan katalog tersebut kamu bisa menjaring calon konsumen baru dengan membeli sesuai orderan yang diminta.

Terakhir kamu bisa libatkan produkmu pada acara-acara kampus. Atau bisa ikut aktif berpromosi di sosial media suapaya teman-temanmu tahu peluang bisnis sampingan yang kamu jalankan. Manfaatkan segala media sosialmu karena media sosial kini sangat berpengaruh di sector usaha.

Modal Kecil Juga Bisa Untung

Ada banyak peluang bisnis sampingan yang bisa diangkat mahasiswa dari potensi di sekitar daerah. Kejelian para mahasiswa dalam melihat peluang bisnis dan luasnya jaringan pertemanan cukup memberi kemudahan agar bisa mengembangkan bisnisnya ke lingkup pasar yang lebih besar

Gadget dan internet adalah kemudahan untuk mahasiswa dalam mengembangkan bisnis di dunia maya. Sudah menjadi suatu promosi bisnis sampingan paling efektif karena bisa dilihat oleh seluruh lapisan tidak hanya di Indonesia saja namun di belahan dunia lain.

Atur Strategi Bisnis Sampingan Mahasiswa

Memulai bisnis dengan modal kecil sekarang bukanlah kendala untukmu dalam memasarkan peluang bisnis sampingan yang kamu jalankan dengan kreativitas yang kamu miliki dan juga ditunjang oleh kemajuan teknologi maka jangan khawatir akan persaingan yang semakin ketat. Tentu kamu juga harus lebih pintar untuk susun strategi pemasaran. Disini, hal yang paling penting adalah internet dan sosial media.

Dan untuk menjangkau pangsa pasar umum, kamu juga bisa memulainya dengan mempromosikan produkmu melalui market place dari website tententu seperti Titipku.com ini. J

Jalankan peranmu sebagai mahasiswa atau pengusaha muda yang tentu harus pintar membagi waktu dan cukup jeli dalam memilih usaha. Dengan kamu menjadi pengusaha muda, jelas bisa membantu pemerintah setempat untuk mengangkat UKM daerah dan penghasilanmu.

Sumber: bisnisukm.com

__________________

Mau penghasilan sampingan juga? Jadi Tim Marketing Freelance Titipku yuk!

agen tranformasi titipku, jastip, jasa titip, jasa titip jogja, jasa titip indonesia, open jastip, jastip jogja, jastip solo, jasa titip beli barang, jasa titip semarang, jasa titip beli, jasa titip barang, jasa titip website, jasa titip terpercaya, jasa titip online, jasa titip oleh-oleh, jasa titip oleh-oleh jogja, jasa titip jual, jasa titip harga, jasa titip jual sepatu, jasa titip jual makanan, jasa titip jual sepatu, jasa titip kue, jasa titip makanan, jasa titip murah, titipku, titipku jogja, titipku indonesia, ukm indonesia, umkm indonesia, umkm daerah, umkm jogja, umkm semarang, ukm jogja,
Agen Tranformasi Titipku

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan