Jangan Simpan Barang Ini Terlalu Banyak di Dompetmu

Dompet menjadi barang penting yang selalu kamu bawa saat bepergian. Tidak hanya untuk menyimpan uang, dompet juga digunakan untuk menyimpan KTP, kartu ATM dan kartu nama. Namun, saking banyaknya kartu yang kamu simpan, dompetmu akan semakin tebal. 

Ada baiknya kamu mengurangi ketebalan dompetmu, apalagi jika kamu suka menaruh dompet di saku belakang celana. Menduduki dompet yang tebal dalam waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan ginjal. Untuk mengurangi, hindari barang-barang berikut ini ada di dompetmu. 

 

Struk Belanja

Banyak orang cenderung menyimpan struk belanja ke dalam dompet. Sebaiknya, jangan simpan struk lebih dari 7 hari. Untuk mengatasi nya, kamu bisa bersihkan dompetmu setiap 7 hari sekali. Pilihlah satu hari untuk membuang struk-struk yang kamu simpan di dalam dompet. Sebelum dibuang, kamu bisa mencatat jumlah yang sudah kamu keluarkan jika ingin melihat pengeluaran dalam seminggu.

Uang Receh

Uang koin dalam jumlah banyak dapat membuat dompetmu terlihat “gemuk”. Sebaiknya, sediakan dompet khusus recehan atau tabungan di rumah. Masukkan koin kembalian ke dalam celengan yang sudah kamu sediakan. Jika kamu lakukan setiap hari, kamu sama saja sudah memiliki tabungan sendiri lho! Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Uang Kertas

Era digital ini harusnya sudah cashless. Hampir semua transaksi dapat dilakukan tanpa menggunakan uang tunai. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh membawa uang di dompetmu. Alih-alih, bawalah uang secukupnya saja dan jangan terlalu banyak. Selain membuat dompetmu terlihat tipis, juga untuk mencegah kerugian ketika dompetmu hilang. Kamu tidak tahu kapan kejadian sial akan menimpamu, kan? Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

Kartu Nama

Bertemu dengan orang baru, rekan kerja atau kolega baru, hal yang paling sering dilakukan adalah bertukar kartu nama. Sayangnya, kartu nama yang diterima dimasukkan ke dalam dompet. Artinya, semakin sering kamu bertemu orang baru dan bertukar kartu nama, semakin tebal juga dompetmu. Untuk itu, kamu bisa menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan kartu nama yang sudah kamu kumpulkan. Letakkan di meja kerja atau di tempat yang mudah kamu ingat. Jika suatu waktu kamu membutuhkannya, kamu akan dengan mudah menemukan kumpulan kartu nama tersebut. 

 

Dompet tebal belum tentu menunjukkan bahwa kamu berduit lho. Dengan membuang barang-barang yang tidak terlalu penting, kamu juga sekaligus belajar untuk hidup teratur.

 Di era cashless sekarang ini gak perlu lagi repot pergi ke pasar atau belanja tunai. Belanja kebutuhan rumah tangga juga bisa cashless lewat Titipku lho! Penasaran? Segera unduh Aplikasi Titipku sekarang.

Tinggalkan Balasan