Hindari Makanan Ini Jika Kamu Ingin Berumur Panjang

Titipku – Siapa sih manusia yang tak ingin berumur panjang? Tentunya berumur panjang adalah salah satu dari sekian banyak mimpi yang ingin dicapai. Memiliki umur panjang tentu berkaitan erat dengan masalah kesehatan. Jika kesehatan tetap terjaga, berumur panjang bukanlah angan-angan semata. Nah, untuk menjaga kesehatan, tentu saja kamu harus memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap harinya. Kebanyakan orang hanya berpikir untuk mengonsumsi makanan yang enak dinikmati pada saat ini saja, tanpa melihat konsekuensinya di masa depan. Untuk memiliki umur panjang, kamu sebisa mungkin menghindari makanan-makanan berikut ini.

Man eating a big hamburger

 

Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Makanan cepat saji masuk daftar paling atas dari makanan yang harus kamu hindari jika ingin memiliki umur panjang. Hamburger, pizza, dan semacamnya sangat menggoda untuk dinikmati. Bahkan, ada beberapa orang yang bisa mengonsumsi makanan cepat saji hampir setiap hari. Padahal makanan cepat saji mengandung lemak jahat, serta garam dan kalori yang cukup tinggi. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dapat memicu penyakit kardiovaskular, diabetes, serta obesitas yang dapat menyebabkan kematian dini.

Makanan-Makanan Manis

Donat, biskuit, coklat olahan, hingga permen sangat enak untuk dikonsumsi. Tapi, mengonsumsi gula secara berlebih juga tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi gula secara berlebih dapat menyebabkan diabetes, stroke, hingga penyakit jantung. Tidak baik untuk kesehatan bukan berarti tidak boleh dikonsumsi. Sebisa mungkin atur konsumsi gula atau makanan dan minuman manis setiap harinya untuk gaya hidup yang lebih sehat. 

Jeroan

Usus dan hati hewan, umumnya sapi dan ayam, merupakan makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan menjadi menu wajib di setiap angkringan yang ada di Jawa dan  Jogja. Tetapi, mengonsumsi jeroan secara berlebih dapat memicu penyakit jantung karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak jeroan juga dapat menyebabkan asam urat. 

Gorengan

Nah, ini makanan yang paling sulit dihindari. Gorengan sudah biasa menjadi lauk bahkan camilan bagi banyak orang. Sayangnya, kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi sangat tidak baik untuk kesehatan. Apalagi, gorengan yang diolah menggunakan minyak goreng yang sudah berkali-kali dipakai akan semakin meningkatkan risiko terkena stroke dan serangan jantung. 

Nah, kesimpulannya, jika ingin berumur panjang tentu harus menerapkan gaya hidup yang sehat, mulai dari menghindari konsumsi gula berlebih, kolesterol, lemak, hingga makanan manis. Boleh sekali-kali mengonsumsi makanan-makanan di atas asal masih sesuai batas wajarnya. 

Untuk memulai mengonsumsi makanan-makanan sehat, kamu bisa mulai dengan berbelanja lewat Aplikasi Titipku. Titipku memudahkan kamu untuk mendapatkan makanan yang kamu cari dengan mudah. Berita baiknya, makanan yang kamu beli merupakan olahan dari UMKM yang ada di Indonesia lho! Jangan lupa mulai belanja lewat Titipku ya!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan