Ide Souvenir Handmade yang Cocok untuk Pernikahan

Titipku – Saat ini ada banyak jasa Wedding Organizer atau WO yang menawarkan pesta pernikahan megah dengan tatanan dekorassi indah, bunga cantik, makanan enak-enak, dan bikin orang seakan berlomba untuk membuat pesta pernikahannya menjadi tak terlupakan.

Akan tetapi tidak sedikit juga yang memakai jasa kebersamaan keluarga demi terciptanya sebuah pesta pernikahan yang tidak mahal tapi juga tidak kalah menarik dari jasa WO tersebut. Semua memang tergantung budget dan keinginan masing-masing keluarga.

Nah buat kamu yang memilih jasa kebersamaan keluarga untuk pesta pernikahan dan bikin pesta pernikahanmu tanpa WO juga tetep indah dan tak terlupa.

Contohnya kamu bisa memilih jahit baju pernikahan sendiri atau bikin souvenir sesuai keinginan kamu. Berikut ini ada beberapa contoh souvenir pernikahan handmade yang bisa kamu coba.

  • Notebook

Bikin notebook buat souvenir boleh banget. Modal kamu juga ngga begitu banyak. Kamu tinggal siapkan kertas craft, kertas hvs, lem kertas, penggaris, cutter, paper tape.

Caranya susun 30-40 lembar kertas hvs diantara kertas craft, lalu diukur 10×10 cm atau sesuai keinginan. Cutting dan ujung atas dilem supaya lembaran kertas hvs merekat bersama kertas craft. Terakhir, kreasikan notebook sesuai selera dengan paper tape. Jadilah souvenir yang tidak hanya cantik tapi juga bermanfaat bagi para tamu undangan.

  • Bros

Bikin bros pita juga gampang banget karena kamu cuma butuh: pita, peniti, jarum jahit, dan lem tembak. Caranya ambil pita lalu lilitkan dengan cara memutar hingga terbentuk menjadi bunga. Jahit ujungnya dengan jarum jahit agar tidak lepas. Tempel peniti dengan lem tembak. Jadilah bros pita untuk souvenir.

  • Pinchusion

Yang kamu butuhkan antara lain kain flanel, dakron, gunting, jarum jahit, dan benang warna-warni. Caranya bentuk dua buah pola seperti donat pada kain flanel lalu jahit kedua sisinya, masukkan dakron. Untuk finishingnya bentuklah donat sesuai selera kamu. Cream meses warna warninya kamu bisa tambahkan kain flanel di atas donat dan digunting gerigi, jahit diatasnya dengan benang warna warni membentuk meses. Lucu banget kan?

  • Sabun Aromaterapi

Yang kamu butuhkan hanya sabun aromaterapi, kertas kraft yang sudah di print ucapan, dan lem kertas.

Ini souvenir yang paling mudah dibuat. Kertas kraft yang sudah di print dililitkan pada sabun lalu di lem. Jadi deh, gampang banget. Cuma butuh ideunik aja untuk sebuah souvenir pernikahan yang beda dari lainnya.

  • Handbag Kain Blacu

Yang kamu butuhkan untuk handbag ini adalah kain blacu yang sudah didesain, mesin jahit, pita atau rope.

Untuk membuat souvenir pernikahan yang sedikit lebih wah untuk pesta pernikahanmu yang tak terlupakan, handbag kain blacu ini bisa kamu pilih. Kain blacu yang sudah diprint dengan desain kamu senidiri jangan lupa dipita atau rope agar lebih cantik.

  • Pembatas Buku

Ide quote motivasi atau lainnya perlu banget kamu siapin, pita warna warni, serta gunting. Buat souvenir yang nggak kalah keren dengan yang ada dipasaran dan low budget pula, pembatas buku ini cocok banget buat kamu yang kutubuku. Cuma butuh quote motivasi yang bisa kamu googling. Desain sendiri, cetak, dan gunting sesuai ukuran. Ujung pembatasnya kamu lubangi dan beri pita warna warni. Gampang kan?

  • Handuk Teddy Bear

Yang kamu butuhkan adalah handuk kecil ukuran 60×30 cm, Karet plastik warna hitam, serta pita. Banyak juga tutorial handuk teddy bear di Youtube yang bisa kamu lihat dan ikuti step demi step. Tambahkan pita di leher teddinya, jadi deh souvenir boneka lucu yang harganya jauh lebih hemat.

Itu tadi ide souvenir untuk pernikahan yang bisa kamu aplikasikan. Nah kalau mentok banget ngga ada ide, kamu bisa pesan aneka souvenir pernikahan di Aplikasi Titipku karya UMKM di seluruh Indonesia. 🙂

Sumber: www.kriya.co.id

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan