Menyantap Tanpa Kalap! Ikuti Tips Kontrol Porsi Makan Berikut

Makanan favorit tiap orang memanglah berbeda-beda. Tapi ada satu kesamaan kalau bicara soal makanan favorit, yakni sulit untuk menahan porsi makan. Sebagai contoh, sebagai seorang yang sangat doyan makan pizza pasti akan sulit menahan godaan bila ditawarkan satu loyang pizza besar dengan ekstra keju dan daging.

Padahal, aktivitas makan yang berlebih bisa berbahaya bagi kesehatan dan dompet. Selain biaya rumah sakit mahal jika kita mengalami penyakit akibat kebanyakan makan, kita juga perlu secara berkala membeli pakaian dan celana dengan ukuran yang lebih besar.

Berdasarkan artikel dari Kumparan Food, Kamu bisa mengubah kebiasaan makan berlebih ini dengan tips-tips berikut.

 

  • Minum Segelas Air Putih Sebelum Makan

Minum segelas air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan yang berlebih loh. Metode ini cocok banget buat kamu yang sering kalap saat menyantap hidangan yang sedap.

  • Masak Makanan Sendiri

Selain membuat rindu, makanan rumahan juga membantu mengontrol pola makan berlebih. Studi oleh John Hopkins Center for a Livable Future menunjukkan bahwa orang yang sering memasak di rumah memiliki pola makan yang lebih sehat.

  • Hidari Makan Sembari Melakukan Kegiatan Lain

Mengonsumsi makan siang sembari bekerja atau menikmati camilan sambil menonton bisa meningkatkan nafsu berlebih. Hal ini tentunya akan membuat seseorang memakan lebih banyak dari yang sebenarnya dibutuhkan. Oleh itu, coba untuk tidak melakukan kegiatan lain ya saat makan.

  • Makan Sewajarnya

Makan makanan favorit itu boleh banget, asal dalam porsi yang wajar. Kamu nggak mau kan ketika sudah terlanjur kelebihan berat badan, harus dipaksa diet dan menghindari makanan favoritmu?

  • Perbanyak Makanan Berserat

Pola makan volumetrik adalah pola makan yang berfokus pada makanan rendah kalori dan tinggi serat. Misalnya, kamu bisa mengonsumsi satu buah apel atau kacang-kacangan sebelum menyantap makanan utama. Makanan berserat ini akan membuat perut lebih kenyang sehingga kamu bisa mengontrol porsi makan agar tak berlebihan.

Baca Juga: Daftar Pilihan Makanan Berserat Tinggi yang Perlu Diketahui

  • Kunyah Makanan Secara Perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan bisa meningkatkan hormon yang mengontrol nafsu makan. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah loh dan bisa kamu baca dalam jurnal Biochemia Medica tahun 2012.

  • Cukup Tidur

Kurang tidur dapat mengganggu fluktuasi hormon, merusak nafsu makan, dan meningkatkan rasa ngidam. Itulah sebabnya orang kurang tidur cenderung lebih gemuk daripada mereka yang tidur cukup.

 

Itulah tips-tips menjaga porsi makan supaya tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi kamu yang mau mulai dengan makanan berserat, bisa loh belanja buah-buahan pakai Titipku. Di Titipku ada banyak pedagang yang menjual buah apel dan buah-buah berserat tinggi lainnya. Mau lebih hemat? Pakai promo yang sedang ada di Titipku!

Unduh aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan