Ingat, Barang-Barang Ini Harus Rutin Diganti!

Titipku – Dari sekian banyak barang yang ada di dalam rumahmu, coba perhatikan barang yang sering kamu gunakan setiap hari. Beberapa di antaranya yaitu sikat gigi, loofah atau shower puff, dan handuk. Tahukah kamu, barang-barang ini harus rutin diganti secara berkala, lho! Kalau tidak, bisa memicu kuman dan bakteri jahat yang bisa menimbulkan penyakit. Sama seperti seprai kasurmu yang perlu diganti setiap 1—2 pekan sekali, sikat gigi, loofah, dan handuk juga harus rajin kamu ganti. Yuk, simak penjelasan singkat berikut ini. 

Sikat Gigi

Sikat gigi merupakan satu dari sekian banyak barang yang sering digunakan setiap hari. Setidaknya selama dua kali dalam sehari, kamu pasti menyentuh dan memakai sikat gigi untuk membersihkan mulut dan sela-sela gigimu.

Apakah kamu tahu, sikat gigi perlu diganti setidaknya setiap tiga bulan sekali? Sikat yang sudah sering basah terkena air dan pasta gigi akan rentan terkena kuman jika dipakai sangat lama, sehingga menggantinya secara berkala adalah cara paling baik untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan gigimu.

Loofah atau Shower Puff

Loofah juga bisa terkena kuman dan bakteri, lho, kalau kamu tidak pernah menggantinya selama berbulan-bulan. Ini jelas berbahaya bagi kulitmu. Selain menimbulkan aroma yang tidak sedap, loofah yang basah karena terkena air dan sabun juga bisa mengundang kotoran untuk hinggap di sela-selanya.

Kamu sebaiknya mengganti loofah lamamu dengan yang baru maksimal sebulan sekali. Meskipun loofah akan kering dengan sendirinya setelah dipakai, karena kelembapannya lebih tinggi daripada sikat gigi, maka jamur pun akan lebih senang untuk tumbuh. Kamu tidak mau, kan, mandi dengan jamur dan kotoran yang ada pada loofah-mu itu?

Handuk

Kamu pasti akan memakai handuk untuk mengeringkan badanmu setelah mandi. Tahukah kamu kalau sebaiknya handuk perlu dicuci setelah 3—4 kali pemakaian? Mungkin kedengarannya sedikit merepotkan, tetapi handuk yang terus-menerus dipakai selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tanpa pernah dicuci akan memicu kuman dan kotoran untuk tinggal.

Kuman dan kotoran tersebut bisa jadi tidak kasat mata, tetapi kalau tidak rutin dicuci, kesehatan kulit badanmu yang akan terkena imbasnya. Handuk lamamu juga disarankan perlu diganti dengan yang baru jika sudah melewati waktu maksimal 3 tahun. Ini dilakukan karena handuk yang sudah lama biasanya tidak akan mampu menyerap air sebaik pada awal pemakaian.

#dirumahaja

Yuk, mulai perhatikan barang-barang yang kamu pakai di rumah. Kalau sudah melewati waktu yang disarankan, ada baiknya barang tersebut dibuang dan diganti dengan yang baru. Ini semua demi kesehatan tubuhmu. Nah, kalau kamu ingin membeli kebutuhanmu, seperti sikat gigi, loofah, dan handuk, kamu bisa belanja di aplikasi Titipku. Caranya mudah dan kamu bisa memesannya #DariRumah. Tertarik? Klik di sini untuk belanja di Titipku.

 

Tinggalkan Balasan