Ini Dia Enam Jenis Makanan Berserat Tinggi

makanan, makanan berserat, makanan berserat tinggi, serat tinggi, berserat tinggi, serat, fiber

makanan, makanan berserat, makanan berserat tinggi, serat tinggi, berserat tinggi, serat, fiber

Jika Anda sedang menjalani program diet, maka makanan berserat tinggi adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi. Pasalnya, kandungan serat yang tinggi membuat kita lebih lama kenyang, bahkan lebih lama daripada saat kita sekadar makan nasi putih.

Melansir dari Halodoc, berikut enam jenis makanan berserat tinggi yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

 

  1. Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan berserat yang baik untuk tubuh. Satu buah jagung mengandung 2 gram serat. Jika Anda bosan mengonsumsi jagung rebus atau jagung di dalam sayuran, Anda bisa mengonsumsi jagung dalam bentuk popcorn. Pada setiap 3 mangkuk saji popcorn yang kamu konsumsi, ternyata sudah mengonsumsi 3,5 gram serat.

  1. Alpukat

Alpukat juga baik untuk pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Dua sendok makan alpukat mengandung 2 gram serat, sedangkan dalam satu buah alpukat mengandung 10 gram serat. Selain kaya serat, alpukat juga bisa mengurangi kolesterol, karena alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kacang putih, kacang hitam, dan kacang merah juga memiliki serat yang tinggi. Selain kaya akan serat, kacang putih juga menjadi salah satu sumber protein dan zat besi. Selain itu, ada juga kacang hitam yang tidak hanya mengandung serat, tetapi juga mengandung antioksidan. Lalu ada juga kacang merah. Kacang ini adalah jenis kacang yang paling mudah ditemukan. Bagi Anda yang sedang diet, mengonsumsi kacang-kacangan ternyata juga bisa membantu Anda lebih cepat menurunkan berat badan loh!

  1. Brokoli

Satu buah brokoli mengandung 5,1 gram serat yang baik untuk tubuh. Selain itu, penyajian brokoli juga mudah. Anda bisa merebus, mengukus, bahkan memakannya mentah-mentah. Namun ingat, cuci bersih dulu brokoli kamu sebelum disantap, ya. Takutnya ada ulat atau pestisida yang masih menempel dalam sayur tersebut. Selain itu, jika Anda akan mengukus atau merebus brokoli, sebaiknya jangan lebih dari 5 menit karena akan merusak kandungan vitamin dan gizi yang terkandung dalam sayuran hijau tersebut.

  1. Tomat

Kandungan serat yang ada pada sebuah tomat adalah 1,2 gram. Kamu bisa menyantap tomat dengan berbagai cara. Selain memiliki kandungan serat, tomat juga memiliki kandungan likopen yang baik untuk menghindari penyakit prostat bagi para pria.

  1. Beras Merah

Jika kamu mengalami konstipasi atau susah buang air besar, sepertinya kamu perlu mengganti menu nasi putih kamu menjadi nasi merah. Oleh karena serat yang terkandung dalam beras merah lebih banyak dibandingkan beras putih. Selain serat, beras merah juga mengandung antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.

 

Itulah makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi yang baik untuk tubuh. Anda bisa mendapatkan makanan-makanan di atas #DariRumah loh. Caranya: Pakai aplikasi Titipku. Aplikasi ini akan membuat aktivitas belanja Anda di pasar jadi lebih praktis dan hemat tentunya. Klik di sini untuk download aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan