Ini Dia Jadwal Eksfoliasi Kulit yang Tepat

Titipku – Sebagian besar kaum hawa pasti familiar dengan kegiatan mengeksfoliasi kulit, yakni scrubbing. Orang-orang lebih sering menyebut “luluran” dan “maskeran” jika menjurus pada kegiatan satu ini. Sebenarnya scrubbing tidak selalu dihubungkan dengan dunia kecantikan dan perempuan karena sebenarnya ini menyoal kesehatan kulit. Dikutip dari hellosehat.com, eksfoliasi kulit penting dilakukan untuk regenerasi kulit karena membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit serta mengangkat sel kulit mati. Lebih lanjut, kegiatan ini juga membantu mengoptimalkan kerja bahan aktif dalam produk perawatan kulitmu.

Meskipun perempuan dan laki-laki mempunyai tipe kulit yang berbeda, keduanya sama-sama dihadapkan pada lingkungan sekitar. Debu dan kotoran yang kerap ditemui saat bepergian keluar rumah bisa menyumbat pori-pori dan mengotori permukaan kulit. Banyaknya polutan di luar sana sangat bisa membuat kulit terlihat kusam sehingga pembersihan dengan sabun saja belum cukup. Nah, kalau kamu ingin mengeksfoliasi kulitmu dengan cara luluran atau maskeran, ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan, lho! Kira-kira sebaiknya gimana, ya?

Lakukan Minimal Seminggu Sekali

Scrubbing, baik kulit badan maupun wajah, tidak dianjurkan dilakukan terlalu sering karena justru membuat kulitmu over exfoliated. Kalau sudah begini, kulitmu akan iritasi dan bisa terkelupas. Tunda dulu proses exfoliasi jika kamu sedang mengalami breakout karena dikhawatirkan kulitmu menjadi over sensitive. Seminggu sekali sudah sangat cukup untuk melakukan eksfoliasi, baik kulit wajah ataupun badan.

Bilas dengan Air Hangat

Ada baiknya, setelah kamu maskeran dan luluran, diamkan selama beberapa menit terlebih dahulu sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih. Lebih bagus lagi kalau kamu membilas kulitmu dengan air hangat. Selain membuat area kulitmu menjadi lebih rileks, air hangat juga membantu membuka pori-pori kulitmu. Jadi, semua kotoran di kulitmu berhasil terangkat secara maksimal. Membasuh permukaan kulit dengan air hangat juga membantu menyiapkan kulitmu untuk diaplikasikan pelembab.

Pakai Pelembab setelah Eksfoliasi

Proses eksfoliasi selain mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada kulit juga bisa ikut mengangkat minyak alami pada wajah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan toner dan pelembab pada kulitmu ya. Pastikan kulitmu terhidrasi dengan baik demi mencegah tampilan kulit kering dan bersisik. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kebutuhan kulitmu, ya.

Sekarang sudah tahu, kan, bagaimana sih sebaiknya kalau mau maskeran ataupun luluran. Untuk produk masker atau lulur sendiri, kamu bisa memilih sesuai jenis kulit atau aroma kesukaanmu. Nah, di aplikasi Titipku kamu bisa berselancar mencari sekaligus memesan produk masker dan lulur favoritmu, lho! Kalau sudah dipesan, biarlah kurir yang akan bertugas mengantarkan pesanan ke tempatmu. Penasaran? Makanya, unduh Titipku sekarang dan nikmati kemudahannya!

 

Tinggalkan Balasan