Ini Dia Nih Manfaat dan Keunggulan Jagung Manis

manfaat jagung manis, manfaat jagung manis rebus, manfaat jagung manis untuk diet, manfaat jagung manis untuk kolesteril, manfaat jagung manis untuk anak, keungguln jagung manis, kelebihan jagung manis

Titipku.com – Selain mempunyai rasa yang lebih manis daripada jagung biasa, jagung manis sangat rentan terhadap hama. Kok bisa? Simak yuk manfaat dan keunggulan jagung manis berikut ini.

Ternyata jagung bukan dari Indonesia asli. Buah ini berasal dari Amerika Tengah yang kemudian diperkenalkan ke seluruh dunia oleh penjelajah Spanyol. Tanaman jagung manis adalah salah satu tanaman komersial yang penting di banyak negara tropis dan sub-tropis.

Jagung manis atau Zea mays saccharata bukan sekedar sayuran melainkan juga wholegrain. Artiya makanan ini memiliki manfaat kesehatan seperti halnya beras merah, pasta gandum, roti gandum, havermut, dan rye (sejenis gandum). Semua komponen dalam wholegrain (serat, antioksidan, vitamin, minera dan karbohidrat kompleks) bekerjasama untuk mencegah berbagai penyakit.

Berbea dengan jagung pada umumnya variatesjagung manis dipanen ketika masih muda dan segar karena gula dalam jagung lebih cepat terkonversi dengan pati.

manfaat jagung manis, manfaat jagung manis rebus, manfaat jagung manis untuk diet, manfaat jagung manis untuk kolesteril, manfaat jagung manis untuk anak, keungguln jagung manis, kelebihan jagung manis
Instagram via @titinsn06

Manfaat Jagung Manis yang dilansir dari Mag for Women via jitunews.com

Meningkatkan kesehatan penglihatan

Keunggulan yang pertama adalah meningkatkan kesehatan penglihatan. Jagung manis kaya akan antioksidan membantu meningkatkan kemampuan penglihatan. Pigmen zeaxanthin yang ada dalam jagung manis melindungi mata dari penyakit seperti degenerasi makula. Jagung manis juga kaya akan beta karoten dan folat untuk cegah penyakit lain yang berkaitan dnegan kemampuan penghlihatan.

Meningkatkan daya ingat

Jika Anda sering melupakan hal-hal penting bukan hanya daya ingat yang mulai turun. Jagung manis bisa membantu Anda meningkatkan daya ingat. Jagung manis kaya akan Thiamine dan vitamin B1. Selain itu, jagung manis juga bisa meningkatkan kemampuan ingatan dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan ingatan. Jagung manis efektif kurangi masalah pada pasien Alzheimer.

Mencegah masalah jantung

Jagung manis kaya akan folat, yang dikenal sebagai vitamin B9. Vitamin ini membantu menurunkan asam amino yang ada dalam pembuluh darah tubuh. Meningkatkan asam amino bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah yang kemudian menyebabkan masalah jantung. Konsumsi jagung manis untuk menurunkan risiko terkena masalah jantung dan cegah kerusakan pada jantung Anda.

Mencegah kanker paru-paru

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa jagung manis bisa cegah kanker paru. Ada zat kimia alami yang disebut sebagai cryptoxanthin dalam jagung manis yang jika diserap oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Karena itu, zat ini emmbantu mencegah perkembangan kanker paru-paru juga cegah terbentukya kanker jenis lain.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jagung manis dipenuhi oleh protein dan vitaminC. Vitamin C yang ada dalam tubuh membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C ini juga membantu cegah demam, pilek, dan flu. Proteinnya baik untk memberikan asupan energi pada tubuh.

Mengatasi anemia

Jagung manis juga menjadi sumber zat besi yang baik. Karena mengonsumsi jagung manis bisa membantu mengatasi anemia. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi jagung manis selama satu bulan akan meningkatkan hemoglobin sampai 50 persen. Asam folat yang ada daam jagung manis juga bisa atasi anemia.

Menurunkan kolesterol

Jika kamu memiliki masalah dengan tingkat kolesterol tinggi, jagung manis yang bisa membantu Anda menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Secara tidak langsung jagung manis juga mencegah penyakit jantung.

Itulah beberapa keunggulan dan manfaat menakjubkan tersimpan dalam jagung manis. Jadi jangan remehkan lagi manfaat besar dari jagung manis ini. Banyak banget manfaat dan keunggulan jagung manis yang perlu kamu tahu. ๐Ÿ™‚

sumber: jitunews.com

Yuk Beli Jagung Manis dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba khasiat Jagung Manisย ini lho. Bisa juga dibikin masakan. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. ๐Ÿ™‚

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan