Ini, Lho, Fungsi Cuttonbud Sebenarnya!

Titipku – Banyak orang berpikir bahwa cuttonbud dapat digunakan untuk membersihkan lubang telinga dari kotoran di dalamnya. Tidak sedikit orang yang sudah melakukannya selama bertahun-tahun. Tahukah kamu bahwa sebenarnya hal ini salah kaprah? Dilansir dari halodoc.com, ear wax yang berwarna kuning bukanlah kotoran telinga. Fungsi ear wax yang diproduksi dalam telinga justru menjaga kesehatan telinga itu sendiri. Teksturnya yang lengket dapat mencegah bakteri, serangga, atau benda asing masuk ke dalam telinga. Semua itu akan terjebak di dalam ear wax sehingga melindungi gendang telinga yang terdapat di bagian telinga paling dalam.

Cara Membersihkan Telinga

Lalu, bagaimana cara membersihkan lubang telinga yang benar? Sebenarnya, ear wax akan luruh dengan sendirinya saat kita mandi. Selain itu, telinga juga otomatis akan membersihkan dirinya saat kita menggerakkan rahang yang membuat otot pipi bergerak, seperti berbicara dan mengunyah. Membersihkan lubang telinga dengan menggunakan cuttonbud hanya akan mendorong ear wax lebih dalam lagi dan bisa menimbulkan infeksi. Ear wax yang sudah menangkap bakteri, serangga, ataupun benda asing mengendap di bagian dalam telinga. Lama-kelamaan, ear wax yang menumpuk menjadi keras lalu menghambat sirlkulasi di dalam lubang telinga. Lebih berbahaya, kan?

Cottonbud

Dikutip dari genpi.co, cuttonbud pertama kali diciptakan oleh Leo Gerstenzang pada tahun 1920-an. Fungsi utama cuttonbud adalah sebagai produk kebersihan bayi. Cuttonbud bisa digunakan untuk membersihkan telinga pada bayi maupun orang dewasa, tetapi bagian luarnya saja. Selain itu, biasanya jika ada kotoran pada hidung bayi, cuttonbud juga bisa digunakan sebagai aplikator pembersih dengan cara sedikit dibasahi terlebih dulu. 

Fungsi Cottonbud

Nah, fungsi lain dari cuttonbud, yaitu membantu proses saat merias wajah. Jika riasan wajah terkena goresan palet eyeshadow, kamu bisa menggunakan cuttonbud yang sudah dibasahi pelembab untuk menyelamatkan riasanmu. Aplikasikan bedak setelahnya. Sementara itu, kalau kamu gemar menghias kuku dengan kuteks, kamu juga bisa memakai cuttonbud kalau kuteksmu keluar dari area kuku. Caranya adalah basahi cuttonbud dengan cairan penghilang cat kuku (nail polish remover) lalu gosok perlahan bagian kuteks yang keluar dari area kuku. Mudah, kan?

Cuttonbud juga bisa digunakan untuk membersihkan keyboard laptop atau komputermu, lho! Kamu pasti kesulitan membersihkan sela-sela pada keyboard karena terlalu sempit jika dibersihkan menggunakan kapas atau lap. Coba gunakan cuttonbud yang sudah dibasahi dengan sedikit air kemudian bersihkan sela-sela keyboard laptopmu. Kamu juga bisa memakai cuttonbud untuk membersihkan sela-sela pada kameramu, dengan catatan ukuran cuttonbud harus yang paling kecil supaya bisa menjangkau semua bagian pada kamera.

#dirumahaja

Cuttonbud banyak dijual bebas di pasaran, jadi kamu tak perlu khawatir tidak bisa membelinya. Di masa pandemi ini, keluar rumah menjadi salah satu kegiatan yang sebaiknya dibatasi. Kalau kamu merasa perlu untuk berbelanja keperluan rumah tangga, kamu bisa melakukannya secara daring. Aplikasi Titipku hadir untuk membantumu berbelanja #DariRumah. Tidak hanya cuttonbud, kamu juga bisa mendapatkan perlengkapan rumah tangga lainnya di Titipku. Tenang saja, pesananmu akan diantar langsung sampai depan rumah. Yuk, ajak keluargamu untuk belanja di Titipku!

 

Tinggalkan Balasan