Ini Makanan Lezat Berbahan Ampas Kelapa

Pohon kelapa sudah lama dikenal memiliki banyak kegunaan. Mulai dari daun, ranting, buah, hingga ampas kelapa, hampir semua bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan. Daging buah kelapa misalnya, bisa dikonsumsi saat matang dalam bentuk es kelapa muda, atau diambil sarinya (santan) sebagai salah satu bahan masakan. 

Meski sudah banyak santan kemasan atau instan yang mudah sekali dibeli, beberapa orang masih menggunakan santan yang diperas sendiri dari daging kelapa. Umumnya, ampas daging yang sudah diperas tersebut dibuang begitu saja. Tahu gak sih kalau kamu bisa memanfaatkan ampas tersebut menjadi makanan? Penasaran? Yuk cek ulasan berikut!

 

Botok

Orang Jawa khususnya sudah sangat familiar dengan botok atau bothok dalam Bahasa Jawa. Botok memiliki banyak varian tergantung dari daerah asalnya. Namun, bahan utamanya tetap sama yaitu ampas kelapa. Awalnya, botok sengaja dibuat untuk memanfaatkan ampas kelapa yang masih bergizi. Agar tidak dimakan dalam bentuk mentah, ampas kelapa tersebut diramu dengan cabai. merica, garam, dan daun salam lalu dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, bungkusan daun pisang dikukus dalam uap panas.

Agar lebih nikmat, biasanya ditambahkan berbagai bahan lain seperti tahu, teri, jamur, udang, ataupun petai. Botok adalah salah satu makanan khas Jawa yang mudah sekali ditemui di pasar. Bagi kamu yang belum pernah mencoba, wajib banget deh nyobain botok!

Serundeng

Dari segi bentuk dan tekstur, serundeng hampir menyerupai abon. Perbedaannya terletak pada bahan dasarnya. Abon berbahan dasar serat daging hewan (umumnya sapi), sedangkan serundeng berbahan dasar ampas parutan kelapa. Ampas ini kemudian digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan dengan diberi bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk, serta lengkuas. 

Baca Juga: Ini Manfaat Kentos Kelapa yang Sering Diabaikan

Serundeng umumnya dijadikan sebagai lauk yang dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng. Namun, serundeng juga bisa ditaburkan di atas soto untuk menambahkan rasa gurih. Penjaja ayam goreng di beberapa daerah biasanya menggunakan serundeng sebagai lauk tambahan seperti layaknya kremes. 

 

Wah ternyata ampas parutan kelapa masih bisa diolah menjadi masakan ya. Sayang banget nih kalau dibuang begitu saja. Supaya belanja ke pasar lebih mudah, bisa banget belanja lewat Aplikasi Titipku. Dengan fitur Titip Belanja Apa Saja, kamu bisa belanja di pasar terdekat dari rumah tanpa perlu repot-repot keluar rumah lho! Pas banget kan di musim pandemi seperti ini.

Kalau mau makin hemat, bisa banget nih pake Kejutan Diskon Asik dari Titipku. Promo ini bakal kasih kamu potongan harga sebesar Rp15.000, Rp35.000, dan Rp100.000. Caranya: masukkan kode promo ASIK15K, ASIK35K, atau ASIK100K di kolom promo saat hendak checkout.

Yuk unduh Aplikasi Titipku dan mulai belanja #DariRumah.

Tinggalkan Balasan