Ini Manfaat Rambutan yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Siapa sih yang tidak kenal rambutan? Salah satu buah tropis asal Asia Tenggara ini pasti sudah sering kamu lihat atau bahkan nikmati. Diberi nama rambutan karena memang bentuk dan teksturnya berambut. Malah, bentuknya mirip dengan bulu babi (sea urchin).

Meskipun berambut di bagian luar, ternyata rambutan masih berhubungan dengan leci dan kelengkeng, lho! Ketika dikupas, rambutan memiliki daging buah berwarna putih dan berbiji di bagian dalamnya, mirip leci dan kelengkeng bukan? 

Karena sekarang sudah memasuki musim hujan, rambutan pun tumbuh dengan subur. Perhatikan saja di pinggir-pinggir jalan, pasti kamu sering melihat penjual rambutan. Tidak perlu khawatir dengan harganya yang mahal. Ketika sedang musim, rambutan akan dijual dengan cukup murah. Hal ini disebabkan satu pohon rambutan dapat berbuah sangat banyak. Tidak ada salahnya lho mengonsumsi rambutan karena buah ini mengandung banyak manfaat serta nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja ya manfaatnya? Yuk, simak informasi berikut ini.

 

Baik Untuk Pencernaan

Daging buah rambutan mengandung serat yang setidaknya setara dengan serat yang terkandung pada apel, jeruk, ataupun pir. Setengah dari serat yang terkandung merupakan serat yang tidak larut (insoluble). Artinya, serat yang dikonsumsi langsung melewati usus tanpa dicerna. Serat yang tidak larut ini dapat mengurangi sembelit karena mempercepat transit usus.

Setengahnya lagi merupakan serat yang larut dicerna (soluble). Serat yang larut ini menyediakan makanan untuk bakteri ususmu. Sebagai gantinya, bakteri usus kemudian menghasilkan asam lemak seperti asetat, propionat, dan butirat yang memberi makan sel-sel usus. Asam lemak ini juga dapat menurunkan resiko peradangan dan penyakit pencernaan juga lho.

Membantu Mengurangi Berat Badan

Seperti buah-buahan lainnya, rambutan juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan rambutan mengandung kalori yang rendah dan juga serat. Serat membuatmu kenyang lebih lama. Kalori yang rendah tidak akan membuatmu khawatir berat badan akan naik. Selain itu, serat yang dapat dicerna sebelumnya dapat larut dalam air dan membentuk substansi seperti gel yang membantu usus untuk memperlambat proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Hasilnya, nafsu makan akan berkurang dan merasa kenyang lebih lama. Rambutan juga mengandung air yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Membantu Melawan Infeksi

Rambutan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi.  Selain itu, vitamin C juga membantu menyerap zat besi lebih mudah. Kandungan antioksidan yang baik dalam rambutan juga membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. 

Rambutan juga mengandung tembaga yang berperan bagi pertumbuhan berbagai macam sel dalam tubuh, termasuk sel-sel tulang, otak, dan hati.

 

Wah ternyata rambutan bermanfaat banget untuk kesehatan kita ya! Karena sedang musim rambutan, gampang banget pastinya mencari rambutan sekarang. Agar belanja lebih mudah, pastinya belanja lewat Titipku aja. Nitipers gak perlu repot keluar rumah lagi, gak perlu bingung bawa belanjaan yang banyak karena Jatiper akan nganterin belanjaan sampai rumah. Ngomong-ngomong, Banyak promo ongkir selama bulan Januari lho! Yuk download aplikasi Titipku dan mulai belanja sekarang!

Tinggalkan Balasan