Ini Sejumlah Manfaat Daun Talas Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak tahu daun talas? Daun yang berbentuk hati dan dapat tumbuh sangat besar ini sangat mudah ditemui di sekitar kita. Karena bentuk daunnya yang besar ini, jaman dulu daun ini sering dijadikan sebagai payung saat kehujanan. Namun, tahukah kamu bahwa daun ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh?

Meski lebih dikenal karena akarnya yang dapat dimakan dan mengandung tepung, daun talas ternyata menjadi makanan pokok di berbagai masakan di belahan dunia, khususnya Asia. Yuk intip apa saja manfaat daun talas bagi kesehatan!

 

Mencegah Berbagai Penyakit

Semua makanan, baik sayuran atau buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi dapat mengurangi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang terlalu banyak tertimbun dalam tubuh dapat menyebabkan inflamasi dan dapat mengakibatkan berbagai penyakit serius seperti kanker, autoimun, dan penyakit jantung. 

Daun talas merupakan salah satu sumber vitamin C dan polifenol, dua jenis antioksidan yang paling mudah ditemui. Mengonsumsi daun ini yang sudah diolah dapat mengurangi radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh dan juga membantu tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. 

Baca Juga: Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut. Wajib Coba!

Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu hal yang penting dilakukan. Terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat mendatangkan berbagai penyakit. Daun talas mengandung karbohidrat dan lemak yang sangat rendah, sehingga menghasilkan sedikit kalori. Mengonsumsi kalori yang terkontrol dapat menjaga berat badan ideal.

Selain itu, daun talas juga kaya akan serat dan kandungan air yang tinggi. Serat dan kandungan air yang tinggi dapat membantu mengurangi dan menjaga berat badan karena memberikan efek kenyang, membuatmu mengurangi frekuensi makan. 

Baca Juga: Jenis Daun Penyedap Rasa Khas Nusantara

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun talas termasuk ke dalam golongan sayuran hijau berdaun gelap seperti bayam. Golongan sayuran ini dapat membantu kesehatan jantung karena mengadung nitrat yang dapat menjaga tekanan darah. Ada baiknya kamu mulai mengonsumsi jenis sayuran ini agar dapat menjaga kesehatan jantungmu. 

 

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, daun talas tidak dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah ya! Daun inimengandung oksalat yang tinggi yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk menghilangkan efek beracun pada daun ini, setidaknya daun ini harus direbus selama beberapa menit sampai daunnya menjadi lunak.

Untuk mengolah daun talas menjadi makanan, tentu membutuhkan bumbu dan bahan lainnya. Untuk melengkapi bumbu dan bahan lainnya, belanja lewat Titipku aja. Tetap aman belanja #DariRumah bersama Titipku di masa pandemi. Masih ada promo Maret Asik juga lho! Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku sekarang juga. 

Tinggalkan Balasan