Intip 5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

ketumbar, coriander, rempah ketumbar, manfaat ketumbar, kesehatan jantung, kesehatan otak, kesehatan kulit, health

ketumbar, coriander, rempah ketumbar, manfaat ketumbar, kesehatan jantung, kesehatan otak, kesehatan kulit, health

Ketumbar adalah salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di Asia. Kamu sendiri pasti juga pernah memakai rempah satu ini bukan? Minimal kamu pasti pernah melihatnya di dapur. Nah, rempah yang juga dikenal memiliki nama ilmiah Coriandrum sativum ini memiliki aroma yang sangat menyengat.

Aroma menyengat yang ada pada ketumbar berasal dari antioksidan serta minyak atsirinya, seperti alpha-pinene, linalool, asam linoleat, asam oleat, dan terpene. Sebagai salah satu rempah yang cukup populer, rempah satu ini kaya nutrisi yang mengandung serat, vitamin B. vitamin C, tembaga, magnesium, kalium, mangan, antioksidan, kalsium, seng, serta zat besi.

Dengan semua kandungan nutrisi yang dimilikinya, tidak heran kalau ketumbar juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ada 5 manfaat ketumbar untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

Baca Juga: Merica vs Ketumbar, Begini Bedainnya

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian pada hewan serta tabung percobaan menunjukkan bahwa ketumbar bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol LDL atau jahat. Ekstrak yang diambil dari rempah ini dapat bertindak sebagai diuretik yang membantu tubuh manusia membuang natrium dan air yang berlebih dalam tubuh. Hal ini dapat berguna untuk menurunkan tekanan darah manusia.

Lalu,  dalam suatu studi ditemukan bahwa tikus yang diberi ketumbar mengalami penurunan kolesterol jahat yang signifikan, namun mengalami peningkatkan pada kolesterol baik. Nah, banyak juga orang yang menemukan bahwa makan rempah-rempah yang pedas dapat membantu mereka mengurangi asupan natrium, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radiasi bebas. Antioksidan sendiri sudah terbukti bisa melawan peradangan dalam tubuh manusia. Dari penelitian tabung reaksi serta pada hewan, ditemukan senyawa antioksidan seperti quercetin, terpinene, dan tokoferol yang  berpotensi mempunyai antikanker, efek neuroprotektif, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, antioksidan dalam ekstrak rempah ini dinyatakan juga bisa menurunkan peradangan serta memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara, prostat, serta usus besar.

  1. Merawat Kesehatan Kulit

Bahan aktif yang ada di dalam ketumbar dipercaya bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan menetralkan efek radikal bebas serta menurunkan tingkat stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri bisa memicu gejala rosacea dan psoriasis.

Pada suatu penelitian ditemukan bahwa ekstrak ketumbar gagal mengobati ruam bayi dengan sendirinya. Namun, ekstrak rempah ini dapat digunakan bersamaan dengan senyawa penenang lainnya sebagai obat alternatif. Dalam studi lainnya dikatakan bahwa antioksidan dalam ekstrak ketumbar bisa membantu mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penuaan dini, dan kerusakan kulit lainnya akibat radiasi ultraviolet. Untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak, atau kulit kering kamu bisa mencoba jus daun rempah satu ini ya.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat lain dari ketumbar untuk kesehatan yang tidak kalah menarik adalah bisa menjaga kesehatan otak. Hal ini dapat terjadi karena rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi. Berbagai penyakit otak seperti alzheimer, parkinson, serta multiple sclerosis berhubungan dengan peradangan atau inflamasi. Selain itu, ternyata rempah satu ini juga bisa loh mengatasi masalah kecemasan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat ketumbar untuk kesehatan yang terakhir adalah mempercepat dan meningkatkan pencernaan yang sehat. Sebuah penelitian berhasil menemukan bahwa ketumbar bisa mengurangi sakit perut, ketidaknyamanan pencernaan, serta kembung. Selain pencernaan yang lancar, nyatanya ketumbar juga dapat digunakan sebagai perangsang nafsu makan.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Daftar Rempah yang Sulit Dibedakan

*****

Jadi, itulah 5 manfaat ketumbar untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Meski ketumbar memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan ya.  Karena ingat: apapun yang berlebihan itu tidak baik.

Jika kamu butuh stock ketumbar di rumah, kamu bisa membelinya dari rumah pakai Titipku. Tentunya, kamu tidak hanya bisa membeli ketumbar saja di Titipku. Ada banyak produk pangan lain yang bisa kamu temui di aplikasi belanja kebutuhan pokok daring terbaik ini.

Yuk download aplikasi Titipku sekarang di Google Play dan Apple Appstore!

Tinggalkan Balasan